Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124043
Title: Pengaruh MODEL Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi (Studi Kasus pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi di SMK Negeri 1 Lumajang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023)
Authors: FATIMAH, Dewi
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM
KEMANDIRIAN BELAJAR
HASIL BELAJAR
Issue Date: 3-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Proses pembelajaran abad ke-21 menitikberatkan pada kemampuan siswa untuk turut aktif mengikuti pembelajaran. Pandangan baru tersebut menyebabkan adanya perubahan terhadap proses pembelajaran yang awalnya berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning). Melalui hasil pengamatan yang telah dilakukan di SMK Negeri 1 Lumajang tepatnya di kelas X program keahlian akuntansi dalam mata pelajaran akuntansi dasar, guru menggunakan model problem based learning ketika pembelajaran berlangsung. Melalui pengamatan yang dilakukan terlihat siswa kurang percaya diri dalam memberikan respon yang diberikan oleh guru. Model pembelajaran yang telah diterapkan di kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Lumajang tepatnya dalam mata pelajaran akuntansi dasar dirasa belum bisa memberikan pengaruh kepada siswa untuk memiliki kemandirian belajar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Lumajang (Studi Kasus pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi di SMK Negeri 1 Lumajang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023). Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Lokasi penelitian bertempat di SMK Negeri 1 Lumajang yang beralamat di Jl. H.O.S. Cokroaminoto No. 161, Tompokersan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jumlah responden penelitian yaitu 30 responden yang berasal dari kelas X Akuntansi 1. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, metode tes, DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER ix metode wawancara dan metode dokumen. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Lumajang (Studi Kasus pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi di SMK Negeri 1 Lumajang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023). Pengaruh tersebut diperoleh melalui uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-test yang menunjukkan nilai Sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05 pada variabel kemandirian belajar siswa. Selain itu pada variabel hasil belajar siswa menunjukkan angka signifikan sebesar 0,003 < 0,05. Kedua angka tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa. Selain itu berdasarkan uji N-Gain, model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh terhadap kemandirian belajar sebesar 57% dan terhadap hasil belajar sebesar 22% selain itu terdapat beberapa variabel lain yang ikut mempengaruhi kemandirian belajar dan hasil belajar selain model pembelajaran flipped classroom, seperti motivasi, sikap, kebiasaan belajar dan lain sebagainya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Description: Finalisasi oleh Taufik_Marsel tgl 19 Agustus 2024
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124043
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-03-22
1.47 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools