Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123890
Title: Kesalahan Penulisan Ejaan pada Karangan Narasi Siswa Kelas 2 SDN Balung Kulon 02 Jember
Authors: Rahma, Aylia Ainur
Keywords: Kesalahan Penulisan Ejaan
Karangan Narasi
Siswa Kelas 2 SDN Balung Kulon 02 Jembe
Issue Date: 25-Jun-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Bahasa merupakan alat yang sangat penting dalam segala bidang kehidupan, khususnya dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu, kegiatan pendidikan dapat berjalan dengan lancar karena adanya bahasa. Penelitian ini berfokus pada salah satu keterampilan bahasa yaitu menulis karangan narasi. Tertera pada kompetensi dasar (KD) 3.10 yaitu mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan, nama orang, nama agama), serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar dan KD 4.10 yaitu menulis teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar. Guru sering kali menghadapi tantangan siswa yang kesulitan dengan tugas membuat karangan mereka selama proses pengajaran menulis karangan. Kesalahan dalam keterampilan menulis sering terjadi yaitu pada penggunaan ejaan. Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui kesalahan siswa pada penulisan karangan sehingga dapat memprediksi apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah kesalahan penulisan ejaan pada karangan narasi siswa kelas 2 SDN Balung Kulon 02 Jember?; dan (2) apa penyebab kesalahan penulisan ejaan pada karangan narasi siswa kelas 2 SDN Balung Kulon 02 Jember? Penelitian ini dilaksanakan di SDN Balung Kulon 02 Jember. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas 2 SDN Balung Kulon 02 Jember. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode wawancara dan dokumentasi. Data pada penelitian ini yaitu kesalahankesalahan penggunaan ejaan yang berupa tanda baca, huruf kapital, dan penulisan kata. Sumber data pada penelitian ini yaitu karangan narasi siswa kelas 2 SDN Balung Kulon 02 Jember.Hasil dan pembahasan pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat kesalahan penulisan huruf kapital dengan tingkat kesalahan yang tergolong tinggi dengan skor 88,1% yang terdiri dari kesalahan penggunaan huruf kapital di awal kalimat, kesalahan penggunaan huruf kapital di tengah kata dan kalimat, kesalahan penggunaan huruf kapital pada huruf pertama unsur nama orang, dan kesalahan huruf kapital pada huruf pertama kata yang menunjukkan hubungan kekerabatan. Terdapat kesalahan penulisan kata dengan tingkat kesalahan tergolong sangat rendah dengan skor 7,21% yang terdiri dari kesalahan penulisan kata ulang, kesalahan penulisan kata berimbuhan, dan kesalahan penulisan kata depan. Terdapat kesalahan penulisan tanda baca dengan tingkat kesalahan tergolong sangat rendah dengan skor 4,6% yang terdiri dari kesalahan penggunaan tanda baca titik (.) dan kesalahan penggunaan tanda hubung (-); dan (2) faktor-faktor penyebab kesalahan penggunaan ejaan pada penulisan narasi yaitu disebabkan oleh faktor kesalahan (errors) dan kekeliruan (mistakes). Saran dalam penelitian ini yaitu: (1) bagi guru, hendaknya mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan berbahasa pada tulisan siswa agar dapat mengurangi dan memperbaiki kesalahan yang terjadi dan juga agar lebih mengarahkan siswa untuk menambahkan minat dalam membaca dan menulis; dan (2) bagi peneliti lain, penelitian ini hendaknya dapat digunakan sebagai referensi atau bahan perbandingan dalam melakukan penelitian selanjutnya yang serupa.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123890
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AYLIA AINUR RAHMA 180210204267.pdf
  Until 2028-05-03
6.54 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools