Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123883
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Self Directed Learning terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa SMA
Authors: PUTRI, Serin Desika
Keywords: Hasil Belajar dan Keterampilan Berkomunikasi
Self Directed Learning
Issue Date: 17-Jun-2021
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pembelajaran secara efektif dan efisien dapat membantu siswa menangkap informasi pembelajaran dengan lebih cepat. Berdasarkan temuan wawancara dengan instruktur mata pelajaran geografi dan observasi langsung di sekolah, metode pembelajaran tradisional dalam pembelajaran geografi masih kurang efektif dalam mempengaruhi hasil belajar dan kemampuan komunikasi siswa, dibuktikan dalam menjawab sebuah pertanyaan masih berpatokan pada buku dan berbagai sumber lain sehingga kurang adanya variasi isi menjawab sebuah pertanyaan dan kurang tertarik terhadap kegiatan yang berkaitan dengan kreativitas. Mengingat permasalahan tersebut, pembelajaran otonom sebagai jenis pembelajaran yang mampu membantu siswa dalam meningkatkan komunikasi dan tujuan pembelajarannya. Siswa dapat mencapai tujuan akademik di kelas dengan bantuan paradigma pembelajaran mandiri. Siswa dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan komunikasinya dengan mengatasi kesulitan hasil belajar melalui hubungan antara pendidikan geografi dan penggunaan model self-directed learning. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh paradigma self-directed learning terhadap hasil belajar dan keterampilan komunikasi siswa.
Description: Finalisasi repositori tanggal 14 Agustus 2024_Kurnadi_Lana
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123883
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SERIN DESIKA PUTRI_190210303013_FINAL AKHIR BANGET.pdf
  Until 2028-01-22
3.24 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools