Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123744
Title: Perilaku Pasca Covid-19 Konsumen Kopi Ready to drink pada Coffee shop di Kabupaten Situbondo
Authors: Prayudi, Afri
Keywords: Perilaku Pasca Covid-19
Kopi Ready to Drink
Coffee Shop
Issue Date: 12-Dec-2023
Publisher: Fakultas Pertanian
Abstract: Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat di gemari oleh masyarakat Indonesia karena rasa dan aromanya. Minuman ini di gemari oleh segala umur secara turun temurun. Kabupaten Situbondo adalah salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur yang sedang mengalami peningkatan konsumsi ready to drink serta terdapat 54 coffee shop yang tersebar di sekitar wilayah Kabupaten Situbondo. Tujuan penelitian yaitu (1) mengidentifikasi pengaruh perilaku pasca covid19 terhadap perilaku konsumen kopi ready to drink di Situbondo, (2) mengidentifikasi pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumen kopi ready to drink di Situbondo, (3) mengidentifikasi perilaku pengaruh perilaku pasca covid19 terhadap gaya hidup konsumen kopi ready to drink di Situbondo. Daerah penelitian yang dipilih yaitu Kabupaten Situbondo dilakukan purposive method. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dan kuantitatif. Data diperoleh dari observasi atau studi lapangan, dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Partial Least Sguare (PLS). Hasil analisis Partial Least Sguare (PLS) menunjukkan (1) perilaku pasca covid-19 berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen, (H1 diterima). Hal ini dikarenakan pasca covid-19 memicu perilaku konsumen dalam mengkonsumsi kopi ready to drink. Adanya media digital yang terbawa dari suasana covid-19 sampai pasca covid-19, promosi yang dilakukan oleh coffee shop mampu menarik konsumen untuk lebih sering mengkonsumsi kopi ready to drink serta suasana coffee shop yang mampu mengembalikan minat konsumen untuk kembali mengunjungi tempat tersebut. (2) gaya hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen (H2 ditolak). Hal ini dikarenakan gaya hidup konsumen tidak hanya dilakukan di coffee shop saja, banyak tempat untuk memenuhi gaya hidup konsumen itu sendiri. Tidak menjadikan gaya hidup mengkonsumsi kopi ready to drink sebagai kebutuhan utama melainkan memprioritaskan apa yang memang menjadi kebutuhan. Apabila suatu produk atau kegiatan dirasa belum dibutuhkan maka tidak perlu untuk dikonsumsi terlebih dahulu. (3) perilaku pasca covid-19 berpengaruh signifikan terhadap gaya hidup (H3 diterima). Hal ini dikarenakan covid-19 merubah gaya hidup konsumen yang cenderung lebih banyak membeli kopi ready to drink secara online untuk menghindari kerumunan dan kontak fisik saat adanya covid-19, rasa nyaman ini pula yang terbawa sampai covid-19 itu berakhir.
Description: Finalisasi repositori tanggal 13 Agustus 2024_Kurnadi_Rara
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123744
Appears in Collections:MT-Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis Afri Repository.pdf
  Until 2028-06-20
1.97 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.