Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123678
Title: Peran Orang Tua dalam Pendampingan Belajar ABK di Kabupaten Bondowoso
Other Titles: The Role of Parent in Learning Assistance For Children With Special Needs in Bondowoso District
Authors: INDIRA, Fanny Aprilia Nur
Keywords: ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
PERAN ORANG TUA
KABUPATEN BONDOWOSO
Issue Date: 27-Sep-2023
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract: Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan anak yang memiliki keterbatasan baik secara fisik maupun mental sehingga perlu penanganan khusus yang berbeda dari anak pada umumnya. Sebagai anak yang masuk dalam kategori kelompok rawan, tentunya ABK memerlukan pendampingan khusus, terlebih ketika proses pembelajaran baik ketika di sekolah dan di rumah. Dikarenakan pihak sekolah tentunya memiliki keterbatasan dalam kegiatan pendampingan siswa, maka orang tua perlu dilibatkan dalam pendampingan ABK. Terlebih ketika ABK berinteraksi dengan lingkungan sekitar rumah di mana penerimaan terhadap hadirnya ABK akan menciptakan lingkungan yang inklusif. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan tentang peran orang tua dalam pendampingan belajar ABK di sekolah dan rumah serta ketika berinteraksi dengan lingkungan sekitar rumah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian dalam penelitian ini yakni di SDLBN Badean Bondowoso. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan yakni jenis purposive sampling karena peneliti telah menentukan karakteristik tertentu pada informan. Kemudian untuk teknik analisis data menggunakan tiga cara seperti yang telah dijelaskan Creswell yakni mengorganisasikan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Untuk teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teori peran keluarga yang dikemukakan oleh William J. Goode.Hasil penelitian ini adalah peran orang tua dalam pendampingan belajar di sekolah mayoritas dilakukan oleh kaum ibu, mulai dari mengantar dan menemani ABK hingga pulang sekolah, menyiapkan sarapan dan makan ABK ketika jam istirahat, dan ketika ABK sedang berada dalam kondisi emosional yang tidak stabil (tantrum) maka orang tua diperkenankan masuk ke dalam kelas agar anak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan kondusif.
Description: Finalisasi oleh Taufik_Lela Tgl 13 Agustus 2024
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123678
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2029-08-13
3.34 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools