Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123608
Title: | Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Jaring-Jaring Balok dan Kubus pada Siswa Kelas V di Sdn Sumberberas 04 Banyuwangi |
Authors: | CAHYANI, Nandia Nur |
Keywords: | Pendidikan Matematika Realistis (RME) Pembelajaran Matematika Hasil belajar |
Issue Date: | 25-Oct-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Pendekatan pembelajaran adalah suatu proses atau metode yang digunakan guru untuk memecahkan masalah. permasalahan dalam kegiatan pembelajaran sehingga konsep dapat diadaptasi. realistik Pendekatan matematika merupakan suatu aktivitas manusia dalam pembelajaran matematika yaitu dihubungkan secara nyata dengan konteks kehidupan siswa sehari-hari terhadap suatu pembelajaran pengalaman yang berorientasi pada hal-hal nyata. Hasil belajar siswa pada dasarnya menggambarkan tingkat keberhasilan seorang siswa dalam suatu hal dalam pembelajaran. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan penerapan realistik pendekatan matematika terhadap pendidikan (RME) terhadap hasil belajar. Penelitian Desain yang digunakan adalah penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes berupa soal pilihan ganda pada pre-test dan post-test pada kognitif domain. Instrumen penelitian meliputi panduan observasi, panduan wawancara, dokumentasi dan lembar ujian. Pengembangan instrumen tes meliputi tes validitas instrumen, uji reliabilitas, indeks daya pembeda, dan tes indeks tingkat kesulitan instrumen. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, t tes, dan tes efektivitas relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan pendidikan matematika realistik model pembelajaran. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai post-test siswa kelas eksperimen sebesar 84,83 sedangkan kelas kontrol sebesar 70,83. Pembelajaran siswa hasil yang diperoleh di kelas eksperimen dengan menggunakan matematika realistik model pembelajaran pendidikan menunjukkan efektivitas yang lebih besar yaitu 66,69%. Ini Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model matematika realistik mempunyai pengaruh yang signifikan pengaruh terhadap hasil belajar materi pelajaran kubus, jaring, dan balok di kelas V siswa SD Sumberberas 04 banyuwangi. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123608 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
repository nandia.pdf Until 2028-11-07 | 840.95 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools