Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123600
Title: | Kemampuan Siswa Kelas 9 SMPN 12 Jember dalam Menulis Cerita Pendek |
Authors: | PRATIWI, Lintang Putri |
Keywords: | KEMAMPUAN SISWA MENULIS CERITA PENDEK |
Issue Date: | 22-Jul-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Menulis merupakan kegiatan mengungkapkan pikiran, perasaan, bahkan pengalaman dalam bahasa tulis yang mudah dipahami. Salah satu kegiatan menulis dalam tingkat SMP kelas 9 adalah menulis teks cerpen. Setiap menuliskan teks cerpen siswa perlu memperhatikan struktur cerpen, ciri kebahasaan, dan unsur pembangun yang terdapat dalam cerpen. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menuliskan teks cerpen. Penelitian ini berlokasi di SMPN 12 Jember dengan menggunakan jenis dan rancangan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan studi dokumen. Studi dokumen atau teks merupakan kajian yang menitik beratkan pada analisis atau interpretasi bahan tertulis berdasarkan konteksnya. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah teks cerpen yang ditulis oleh siswa kelas 9 SMPN 12 Jember berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan unsur pembangun cerpen. Berdasarkan wujud data yang dikumpulkan, peneliti menggunakan studi data dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Model ini menggunakan beberapa tahap (1) tahap pengumpulan data; (2) melalukan cek plagiarism teks karya siswa kelas 9 SMPN 12 Jember untuk memastikan bahwa karya tersebut orisinil milik siswa; (3) membaca dengan cermat secara keseluruhan teks cerpen yang ditulis oleh siswa; (4) data-data yang diperoleh dikelompokan dan dianalisis berdasarkan struktur cerpen, ciri kebahasaan, dan unsur pembangun cerpen. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa siswa kelas 9 SMPN 12 Jember cukup mampu (CM) hingga mampu (M) dalam menuliskan teks cerpen berdasarkan struktur cerpen, ciri kebahasaan, dan unsur pembangun yang terdapat dalam cerpen. Penelian ini dapat dikaji dari sisi lain atau sebagai bahan bacaan untuk penelitian selanjutnya. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan diskusi mahasiswa saat melaksanakan praktik mengajar dalam matakuliah kkplp. Saran bagi para guru, dapat menjadikan penelitian ini sebagai pertimbangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya cerita pendek. Penelitian ini dapat pula menjadi referensi mengajar cerpen untuk para guru SMP dan SMA. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123600 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi Repository_Lintang Putri Pratiwi.pdf Until 2028-08-08 | 881.58 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools