Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123562
Title: Persepsi Orang Tua dalam Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Media Edukasi Perkembangan Keterampilan Anak Usia 2-4 Tahun di KB Yasmin Kabupaten Jember
Authors: PRITARANI, Rachel Ageng Pradnya
Keywords: Persepsi Orang Tua
Media Edukasi Limbah Plastik
Issue Date: 25-Aug-2023
Publisher: Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Dalam kegiatan bermain dibutuhkan alat untuk bermain, alat permainan yang dimaksud adalah yang mengacu kepada alat permainan edukasi. Alat permainan edukasi dapat dibuat dari bahan-bahan sederhana yang dapat ditemukan dilingkungan sekitar seperti dari limbah plastik. Namun masih banyak orang tua yang menyediakan APE untuk anaknya dengan cara membeli. Karena masih banyak juga orang tua yang tidak setuju jika anaknya diberi alat permainan edukasi dari limbah plastik salah satunya orang tua anak-anak di KB Yasmin Kabupaten Jember, karena menurut para orang tua limbah plastik kurang bersih. Penelitian ini untuk mengetahui besarnya hubungan antara persespi orang tua dalam pemanfaatan limbah plastik sebagai media edukasi perkembangan keterampilan anak usia 2-4 tahun di KB Yasmin Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif, dengan responden yang berjumlah 20 orang yang di ambil melalui population sampling. beserta indikatornya dianalisis dengan rumus korelasi Rank Spearman atau tata jenjang. Pada variabel persepsi orang tua secara keseluruhan masuk dalam kategori kuat karena nilai r-hitung variabel persepsi orang tua sebesar 0,734 dengan skor koefisien determinasi sebesar 55,20%. Pada indikator penyerapan terhadap rangsangan diperoleh nilai r-hitung sebesar 0,584 dengan skor koefisien determinasi sebesar 34,10%, sehingga dari hasil tersebut indikator penyerapan terhadap rangsang masuk dalam kategori sedang. Pada indikator pemahaman diperoleh nilai r-hitung sebesar 0,528 dengan skor koefisien determinasi sebesar 27,87%, sehingga dapat diketahui bahwa indikator pemahaman masuk dalam kategori sedang. Pada indikator penilaian atau evaluasi memperoleh nilai r-hitung sebesar 0,818 dengan jumlah skor koefisien determinasi sebesar 66,91%, sehingga dapat diketahui bahwa indikator penilaian masuk dalam kategori sangat kuat.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123562
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REPOSITORY_Rachel Ageng Pradnya Pritarani_190210201074.pdf
  Until 2028-12-28
1.37 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools