Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123479
Title: Hubungan antara Penerapan Aksara Pegon Ddengan Kemampuan Baca Tulis Arab Warga Belajar di TPQ Al Mubarokah Jember
Authors: MUTHOAFIFAH, Siti
Keywords: Aksara Pegon
Membaca Arab
Menulis Arab
Issue Date: 21-May-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pada tahun 2021, Badan Komunikasi Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) mengadakan ujian serentak bagi warga belajar yang akan mengikuti wisuda yaitu pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) kelas 5. Ujian kali ini sangat berbeda dengan sebelumnya tahun yang biasanya menggunakan bahasa Indonesia yang ditulis dalam bahasa latin, namun pada ujian ini menggunakan Pegon naskah, yang menghambat warga belajar dalam menyelesaikan soal-soal ujian. Sebagai sebuah perkembangan bagi warga belajar, proses pembelajaran Al-Qur'an di Al Mubarokah Jember Education Park menerapkan pembelajaran aksara Pegon untuk mempersiapkan tantangan agar warga belajar mampu membaca dan menulis serta memahami penggunaan aksara Pegon dalam persiapan menyelesaikan ujian munaqosah berikutnya. Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,865 dengan signifikansi 0,000 dengan r tabel ditemukan sebesar 0,316 maka dapat disimpulkan terdapat hubungan antara penerapan aksara pegon dengan keterampilan membaca dan menulis bahasa arab siswa belajar di Taman Pendidikan Al-Qur'an Al Mubarokah Jember dibuktikan dengan r-hitung> r-tabel.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123479
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SITI MUTHOAFIFAH 170210201010.pdf
  Until 2029-04-06
1.32 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools