Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123464
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) Berbantuan Media Explosion Box terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Curahpoh 1 Bondowoso
Authors: MULIASARI, Farah Ananda
Keywords: IPAS chapter 4
Two stay Two Stray Learning Model
Media Explosion Box
Issue Date: 31-Jan-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pada semester ganjil tahun ajaran 2023-2024 penelitian ini dilaksanakan. Sampel penelitian yang dilakukan di SDN Curahpoh 1 Bondowoso berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan tes. Analisis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis uji pre-test dan posttest, uji homogen dan normalitas, serta uji t-tes. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) uji homogenitas mendapat nilai signifikan 0,796 dikategorikan sebagai homogen, (2) uji validitas soal diperoleh hasil cronbach's alpa 0,9688 dikategorikan instrumen tes reliabel. (3) uji normalitas pada kelas V A memperoleh nilai signifikan 0,159 dan kelas V B memperoleh nilai signifikan 0,164, sehingga dikategorikan berdistribusi normal, (4) uji hipotesis terdapat selisih nilai dari t-hitung dengan t-tabel, diperoleh nilai t-hitung sebesar 6,923 dan t-tabel sebesar 2,024 yang artinya t-hitung lebih besar dari t-tabel, dan perbandingan hasil rata-rata kelas eksperimen memperoleh nilai 86,80 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 74,60, sehingga, kelas eksperimen memiliki nilai lebih baik dari pada kelas kontrol. Pada perhitungan uji keefektifan relatif mendapatkan hasil 54,83% yang dimana nilai ER tersebut merupakan kategori kriteria keefektifan sedang. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh Model Two Stay-two Stray (TSTS) Berbantuan Media Explosion Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Curahpoh 1 Bondowoso. Sedangkan faktor yang menjadi penyebab siswa kurang memahami adalah tidak memperhatikan arahan atau petunjuk dari guru dan siswa ramai sendiri serta faktor dari dalam diri siswa. Adapun saran pada penelitian ini adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam menentukan langkah yang tepat di dalam menyelesaikan permasalah khususnya pada pembelajaran IPAS bab 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran yakni kurang memperhatikan arahan atau petunjuk guru dan ramai sendiri, sehingga disarankan pada guru untuk menjelaskan atau memberikan arahan dengan cara lebih menarik serta menjelaskan detail-detail yang akan dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung agar siswa lebih memperhatikan dan tidak ramai. Selain itu, siswa perlu untuk lebih teliti dalam memperhatikan arahan atau petunjuk yang diberikan oleh guru agar tidak mengalami kebingungan pada saat melakukan pembelajaran.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123464
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Farah Ananda Muliasari 180210204234.pdf
  Until 2029-02-28
1.99 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools