Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123409
Title: Pengaruh Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Kreativitas Siswa Kelas IV Pada Materi IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya di SDN 01 Tamanan Bondowoso
Authors: MUNAWAROH, Madinatul Fitriyanita
Keywords: Model PBL
Kreativitas
Video Pembelajaran
Issue Date: 24-Jan-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: kreativitas merupakan sebuah proses untuk peka terhadap permasalahan, kelemahan, ketidak harmonisan, serta mencari solusi dan membuat pertanyaan-pertanyaan melalui tes dan rites yang dimodifikasi dan hasilnya dapat dikomunikasikan. Model PBL merupakan model pembelajaran yang menggunakan suatu masalah sebagai dasar dalam proses pembelajarannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL berbantuan video pembelajaran terhadap kreativitas siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji normalitas dan homogenitas menggunakan Kormogolov Smirnov dan uji Levene. Uji hipotesis menggunakan uji t dibantu dengan SPSS versi 25. Diketahui hasil uji hipotesis 7,145 > 1,671, maka hasil rata-rata post test yang diperoleh kelas eksperimen 88 dan kelas kontrol 79. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh penerapan model PBL berbantuan video pembelajaran terhadap kreativitas siswa kelas 4 di SDN 01 Tamanan Bondowoso.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123409
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2029-01-25
4.28 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools