Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123409
Title: | Pengaruh Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Kreativitas Siswa Kelas IV Pada Materi IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya di SDN 01 Tamanan Bondowoso |
Authors: | MUNAWAROH, Madinatul Fitriyanita |
Keywords: | Model PBL Kreativitas Video Pembelajaran |
Issue Date: | 24-Jan-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | kreativitas merupakan sebuah proses untuk peka terhadap permasalahan, kelemahan, ketidak harmonisan, serta mencari solusi dan membuat pertanyaan-pertanyaan melalui tes dan rites yang dimodifikasi dan hasilnya dapat dikomunikasikan. Model PBL merupakan model pembelajaran yang menggunakan suatu masalah sebagai dasar dalam proses pembelajarannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL berbantuan video pembelajaran terhadap kreativitas siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji normalitas dan homogenitas menggunakan Kormogolov Smirnov dan uji Levene. Uji hipotesis menggunakan uji t dibantu dengan SPSS versi 25. Diketahui hasil uji hipotesis 7,145 > 1,671, maka hasil rata-rata post test yang diperoleh kelas eksperimen 88 dan kelas kontrol 79. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh penerapan model PBL berbantuan video pembelajaran terhadap kreativitas siswa kelas 4 di SDN 01 Tamanan Bondowoso. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123409 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
doc.pdf Until 2029-01-25 | 4.28 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools