Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123367
Title: Pengaruh Content Marketing, Brand Image terhadap Purchase Intention Produk Waecicu Bake pada Media Sosial Instagram
Authors: HUMAIROH, Mega
Keywords: Content Marketing
Brand Image
Purchase Intention
Issue Date: 19-Dec-2023
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract: Perkembangan era digital telah menyebabkan terjadinya pergeseran paradigma perusahaan dalam menjalankan strategi pemasaran yaitu dengan melakukannya melalui media digital. Penggunaan media digital turut dirasakan oleh bisnis kuliner di Indonesia yaitu melakukan pemasaran melalui media sosial instagram. Namun, dengan adanya ketentuan terbaru dari Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2023 dalam pasal 21 ayat 3 Tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik menjelaskan bahwa para pelaku usaha dilarang memfasilitasi adanya transaksi pembayaran pada sistem elektroniknya, hal tersebut membuat para pebisnis kuliner dituntut untuk bisa lebih kreatif lagi dalam memasarkan produknya di platform media sosial agar dapat menarik purchase intention dari target konsumen meskipun tidak dapat dilakukan transaksi di dalamnya. Dari sinilah, para pelaku pebisnis kuliner dapat menerapkan content marketing dan menciptakan brand image yang positif untuk bisa menarik purchase intention dari target konsumen. Pada penelitian ini menguji pengaruh content marketing, brand image terhadap purchase intention produk Waecicu Bake pada media sosial instagram. Waecicu Bake merupakan salah satu bisnis kuliner berjenis bakery yang ada di Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah followers (pengikut) instagram Waecicu Bake sejumlah 12.400. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Yamane menurut Sugiyono (2022), dan ditemukan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 99 responden. Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda. Hipotesis yang digunakan yaitu uji t dan uji F dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, brand image berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, serta content marketing dan brand image secara simultan berpengaruh terhadap purchase intention.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123367
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mega Humairoh-200910202059-Ilmu Administrasi Bisnis.pdf
  Until 2029-01-25
3.26 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools