Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122822
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Earthcomm terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA |
Authors: | PRAYOGA, Ferdiansyah |
Keywords: | Earthcomm Keterampilan Berpikir Kritis Hasil Belajar Geografi |
Issue Date: | 18-Jul-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Kondisi pembelajaran di sekolah yang cenderung tidak interaktif memicu ketidak aktifan siswa selama proses belajar berlangsung, selain itu penerapan model pembelajaran konvensional yang kurang maksimal juga berdampak pada keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan siswa cenderung tidak terlibat secara aktif kedalam pembelajaran, hal ini berpengaruh pada hasil belajar serta keterampilan berpikir kritis akibat kurangnya pemahaman juga keterlibatan siswa pada materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran earthcomm terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain posttes only control grup. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran earthcomm memiliki nilai rata-rata posttes keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 75,31 dan 72,5 sedangkan kelas kontrol 58,96 dan 58,62. Berdasarkan nilai Independent Sample T-tes yang kurang dari (>) 0,05 dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran earthcomm berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122822 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
doc.pdf Until 2028-08-08 | 3.79 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools