Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122822
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPRAYOGA, Ferdiansyah-
dc.date.accessioned2024-07-31T06:53:27Z-
dc.date.available2024-07-31T06:53:27Z-
dc.date.issued2023-07-18-
dc.identifier.nim190210303031en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122822-
dc.description.abstractKondisi pembelajaran di sekolah yang cenderung tidak interaktif memicu ketidak aktifan siswa selama proses belajar berlangsung, selain itu penerapan model pembelajaran konvensional yang kurang maksimal juga berdampak pada keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan siswa cenderung tidak terlibat secara aktif kedalam pembelajaran, hal ini berpengaruh pada hasil belajar serta keterampilan berpikir kritis akibat kurangnya pemahaman juga keterlibatan siswa pada materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran earthcomm terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain posttes only control grup. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran earthcomm memiliki nilai rata-rata posttes keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 75,31 dan 72,5 sedangkan kelas kontrol 58,96 dan 58,62. Berdasarkan nilai Independent Sample T-tes yang kurang dari (>) 0,05 dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran earthcomm berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectEarthcommen_US
dc.subjectKeterampilan Berpikir Kritisen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectGeografien_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Earthcomm terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMAen_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiProgram Studi Pendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sri Kantun, M. Ed.en_US
dc.identifier.pembimbing2Elan Artono Nurdin, S. Pd., M. Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Mei_2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-08-08
3.79 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools