Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122287
Title: | Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Dimensi Bernalar Kritis Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya |
Authors: | PASA, Tazqia Aulya Aqidah |
Keywords: | Model PBL Dimensi Bernalar Kritis Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) |
Issue Date: | 28-Jul-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Pengembangan karakter pada siswa sangat penting untuk ditanamkan dalam bidang pendidikan. Salah satu karakter yang perlu dikembangkan siswa adalah bernalar kritis. Tujuan penelitian guna mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap dimensi bernalar kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket skala sikap berupa pre-angket dan post-angket, dan observasi. Analisis statistik menggunakan independent sample t-test. Proses pengujian dalam penelitian ini menggunakan angket melalui pengerjaan pre-angket dan post-angket yang terdiri dari 22 pernyataan sikap. Berdasarkan hasil penelitian, nilai thitung adalah 13,301, sedangkan nilai ttabel adalah 2,009. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (13,301 > 2,009). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap dimensi bernalar kritis siswa kelas IV. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122287 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi_Tazqia Aulya Aqidah Pasa_190210204044.pdf | 5.67 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools