Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122071
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SDN Balungkidul 01 Jember
Authors: HAMID, Abdul
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT
SISWA
HASIL BELAJAR
Issue Date: 18-Jul-2023
Publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Balungkidul 01 Jember.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. dengan pola penelitian pre-test post-test control group design.Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan secara acak atau random.Waktu penelitian direncanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Tempat penelitian ini di SDN Balungkidul 01 Jember. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IVA dan IVB SDN Balungkidul 01 Jember tahun pelajaran 2022/ 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 9,246, sedangkan ttabel diperoleh sebesar = 0,2012, pada taraf signifikansi 5% dengan df 46, sehingga hipotesis alternatif diterima yakni ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaan kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Balungkidul 01 Jember.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122071
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf7.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools