Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121702
Title: | Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media TikTok Terhadap Kemampuan Literasi Geografi Siswa SMA |
Authors: | PRAYOGA, Ega Bintang |
Keywords: | Problem Based Learning TikTok Kemampuan Literasi Geografi |
Issue Date: | 25-Jan-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Kemampuan literasi geografi yang rendah berdampak buruk pada pencapaian tujuan pembelajaran, karena sebagai tolak ukur kemampuan siswa dalam memahami dan menghubungkan ilmu geografi dikehidupan sehari-hari. Solusi dari rendahnya kemampuan literasi geografi siswa ialah memilih model dan media yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media TikTok terhadap kemampuan literasi geografi siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dirancang dengan posttest only control group design. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai tes kemampuan literasi geografi siswa secara kognitif dikelas eksperimen sebesar 70,2 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 57,8. Uji hipotesis berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai signifikan 0,00 lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan penelitian bahwa ada pengaruh signifikan dari penerapan model Problem Based Learning berbantuan media TikTok terhadap kemampuan literasi geografi siswa SMA. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121702 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
doc.pdf Until 2028-04-11 | Skripsi tentang pengaruh model Problem Based Learning Berbantuan Media TikTok terhadap kemampuan literasi geografi siswa SMA | 4.09 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools