Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121702
Title: Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media TikTok Terhadap Kemampuan Literasi Geografi Siswa SMA
Authors: PRAYOGA, Ega Bintang
Keywords: Problem Based Learning
TikTok
Kemampuan Literasi Geografi
Issue Date: 25-Jan-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Kemampuan literasi geografi yang rendah berdampak buruk pada pencapaian tujuan pembelajaran, karena sebagai tolak ukur kemampuan siswa dalam memahami dan menghubungkan ilmu geografi dikehidupan sehari-hari. Solusi dari rendahnya kemampuan literasi geografi siswa ialah memilih model dan media yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media TikTok terhadap kemampuan literasi geografi siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dirancang dengan posttest only control group design. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai tes kemampuan literasi geografi siswa secara kognitif dikelas eksperimen sebesar 70,2 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 57,8. Uji hipotesis berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai signifikan 0,00 lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan penelitian bahwa ada pengaruh signifikan dari penerapan model Problem Based Learning berbantuan media TikTok terhadap kemampuan literasi geografi siswa SMA.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121702
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-04-11
Skripsi tentang pengaruh model Problem Based Learning Berbantuan Media TikTok terhadap kemampuan literasi geografi siswa SMA4.09 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools