Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121373
Title: Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Pasuruan pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel ditinjau dari Gaya Belajar
Authors: RELIGIANI, Derma Titah
Keywords: KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS
GAYA BELAJAR
MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL
Issue Date: 22-Nov-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Koneksi matematis adalah hubungan antara topik matematika dengan topik matematika yang lain, dengan disiplin ilmu lain, dan dengan kehidupan seharihari. Aspek koneksi matematis dalam penelitian ini adalah Persamaan Linier Satu Variabel dengan konsep luas dan keliling persegi panjang, Persamaan Linier Satu Variabel dengan konsep kecepatan, dan Persamaan Linier Satu Variabel dengan kehidupan sehari-hari. Gaya belajar merupakan suatu cara yang disukai oleh peserta didik dalam menerima atau menyerap informasi. Gaya belajar dalam penelitian ini menggunakan tiga jenis gaya belajar, yaitu gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Pasuruan ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII pada materi Persamaan Linier Satu Variabel ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Pasuruan pada bulan Agustus 2023. Subjek pada penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII E dimana 2 siswa bergaya belajar visual, 2 siswa bergaya belajar auditorial, dan 2 siswa bergaya belajar kinestetik. Subjek dalam penelitian ini dipilih setelah siswa mengerjakan angket gaya belajar dan dipilih berdasarkan rekomendasi dari guru pengajar. Keenam subjek kemudian diberikan tes koneksi matematis untuk dianalisis tingkat kemampuan koneksi matematisnya dan dilakukan wawancara kepada keenam subjek penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual keduanya memiliki tingkat kemampuan koneksi matematis yang tinggi, siswa dengan gaya belajar auditorial keduanya memiliki tingkat kemampuan koneksi DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER viii matematis sedang, sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki tingkat kemampuan koneksi matematis yang berbeda. Satu siswa memiliki tingkat kemampuan koneksi matematis tinggi dan satu siswa lainnya memiliki tingkat kemampuan koneksi matematis sedang. Penelitian ini memiliki kelemahan dimana subjek hanya diambil 2 dari masing-masing gaya belajar dan berdasarkan rekomendasi dari guru pengajar, hal ini memungkinkan adanya siswa yang mungkin memiliki kemampuan koneksi matematis tinggi tetapi tidak dijadikan sebagai subjek penelitian. Selain itu, gaya belajar yang digunakan dalam penelitian ini hanya 3 gaya belajar saja, yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Untuk itu disarankan kepada pihak lain yang akan melakukan pengembangan lebih lanjut dapat mengkaji lebih dalam mengenai kelemahan dalam penelitian ini.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 11 Juni 2024
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121373
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi watermark repository.pdf
  Until 2029-01-19
1.02 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools