Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121348
Title: Pengembangan Modul Berbasis Scientific And Engineering Practices (SEPs) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP
Authors: APRILIANI, Fanis
Keywords: Scientific And Engineering Practices (SEPs)
Keterampilan Proses Sains Siswa SMP
Pengembangan Modul
Issue Date: 9-Feb-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pembelajaran IPA atau sains adalah satu dari beberapa mata pelajaran yang sangat penting untuk siswa dapatkan disetiap jenjang pendidikan dari rendah hingga tinggi. Hal tersebut guna untuk membantu siswa dalam menyikapi sesuatu dan bertindak secara tepat terhadap beberapa hal seperti alam. IPA mencakup sikap, proses, dan produk, dengan fokus utama pada keterampilan proses sains (KPS). Namun, beberapa penelitian menunjukkan rendahnya tingkat KPS siswa SMP di beberapa wilayah Indonesia, disebabkan oleh keterbatasan sumber daya dan metode pengajaran yang kurang efektif. Penggunaan modul diidentifikasi sebagai alternatif untuk meningkatkan KPS siswa dengan menyediakan bahan ajar yang menarik dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Scientific and Engineering Practices (SEPs) merupakan bagian dari kerangka Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) yang bertujuan untuk mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu dalam pembelajaran sains. Modul yang dikembangkan diharapkan dapat memberikan pengalaman praktikum yang mendalam dan memadai untuk meningkatkan pemahaman dan KPS siswa SMP, sehingga membantu mereka dalam mencapai standar sains generasi berikutnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas modul berbasis SEPs untuk meningkatkan KPS siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) yang terdiri dari beberapa langkah yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini terdapat beberapa yaitu teknik analisis data validitas yang didapatkan dari lembar validitas sehingga diketahui validitas produk sebelum digunakan, analisis data kepraktisan didapatkan dari hasil lembar observasi keterlaksanaan oleh 3 orang observer, dan analisis data efektivitas didapatkan dari hasil N-Gain pretest dan posttets beserta lembar angket yang diisi siswa setelah selesai pembelajaran menggunakan modul berbasis SEPs. Uji coba produk dilaksanakan di SMP Negeri 10 Jember kelas VIII A yang berisikan 28 siswa. Hasil dari pengembangan modul berbasis SEPs untuk meningkatkan KPS siswa SMP mendapatkan hasil validitas sebesar 79.17% dengan kriteria valid. Ditinjau dari hasil pengamatan observer tentang kepraktisan pembelajaran mendapatkan hasil 85.76% yang masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan pada hasil N-Gain pretest dan posttets yang sudah dilakukan didapatkan nilai sebesar 0.56 yang dapat dikatakan sedang atau modul berbasis SEPs berpengaruh dalam meningkatkan KPS siswa SMP. Ditinjau dari angket siswa didapatkan hasil 82.18% yang masuk dalam kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan jika modul berbasis SEPs untuk meningkatkan KPS siswa SMP yaitu valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran IPA dalam meningkatkan KPS siswa SMP.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121348
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fanis Apriliani_200210104046_Skripsi repositori.pdf
  Until 2028-04-11
5.51 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools