Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121340
Title: Peningkatan Collaboration Skill dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya Kelas IV SDN Ambulu 01
Authors: Aly, Lathifa
Keywords: Peningkatan Collaboration Skill
Pembelajaran Berdiferensiasi
Tubuh Tumbuhan
Issue Date: 26-Mar-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah hasil belajar pada pembelajaran IPA bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya secara klasikal masih di bawah rata-rata yaitu 39 dengan kriteria kurang baik. Sedangkan untuk keterampilan abad 21 khususnya collaboration skill belum berjalan dengan baik, hal ini diperkuat dengan data collaboration skill secara klasikal sebesar 45% dengan kriteria sedang. Model pembelajaran yang biasa digunakan seperti, PBL, PjBL dan diskusi kelompok kecil dengan metode ceramah. Proses pembelajaran yang berlangsung belum memenuhi kebutuhan belajar peserta didik, akibatnya peserta didik kurang aktif, cenderung suka bercanda, membuat ulah saat berkelompok, dan peserta didik kesulitan memahami materi karena bosan disebabkan tidak adanya variasi dalam pembelajaran. Jika pembelajaran seperti ini terus dilakukan maka collaboration skill dan hasil belajar peserta didik akan menurun. Bersumber pada permasalahan tersebut, untuk meningkatkan collaboration skill dan hasil belajar sekaligus memenuhi kebutuhan peserta didik maka hendak diterapkan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian dilaksanakan di SDN Ambulu 01 tahun akademik 2023/2024 semester genap dengan subjek kelas IV C sebanyak 23 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) selama 2 siklus dengan 2 kali pertemuan disetiap siklusnya. Metode pengumpulan data collaboration skill diperoleh dari hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dan data hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil tes setelah dilaksanakan siklus. Adapun teknik analisis data yang diguanakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan collaboration skill dan hasil belajar yang signifikan setelah dilaksanakannya siklus I dan siklus II. Collaboration skill siklus I secara klasikal sebesar 56% dengan kriteria sedang, kemudian pada siklus II meningkat 17% menjadi 73% dengan kriteria tinggi. Adapun hasil belajar siklus I secara klasikal memiliki rata-rata sebesar 56 dengan kriteria kurang baik, kemudian pada siklus II rata-rata hasil belajar secara klasikal meningkat menjadi 78 dengan kriteria baik. Bersumber dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa, dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan collaboration skill dan hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya SDN Ambulu 01.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121340
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LATHIFA ALY 200210204005 [SKRIPSI].pdf
  Until 2028-03-16
6.54 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools