Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121333
Title: Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Pembelian Ulang pada Pelanggan Produk Kober Mie Kediri
Authors: ASTUTI, Novita
Keywords: Pengaruh Kualitas Produk
Pembelian Ulang
Pelanggan Produk Kober Mie Kediri
Issue Date: 26-Jan-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Kedai mie kekinian merupakan kedai yang selalu menyadari dan bereaksi terhadap perubahan masyarakat. Salah satu kedai mie kekinian yang cukup kuat dalam mengembangkan bisnisnya adalah Kober Mie. Kober Mie merupakan salah satu kedai mie kekinian pelopor mie pedas. Outlet pertama didirikan di Jalan Bromo No. 16 Kota Malang. Perkembangan yang semakin pesat dan tingginya minat dari masyarakat, pemilik Kober Mie membuka kesempatan untuk para investor dengan sistem waralaba atau franchise dengan bahan utama serta menu yang sudah disiapkan untuk didistribusikan pada seluruh outlet. Saat ini Kober Mie memiliki 27 outlet yang menyebar pada beberapa kota di wilayah Jawa Timur dan Bali. Kober Mie resmi membuka outlet di Kediri pada tanggal 20 April 2017 yang berlokasi di Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa Nomor 52 Kota Kediri. Kober Mie Kediri dikendalikan oleh supervisor yang mengkontrol 14 karyawan. Kober Mie Kediri sangat mengutamakan kualitas produk, tingkat kenyamanan konsumen dengan menyediakan fasilitas dan pelayanan yang baik. Kemunculan kedai mie kekinian yang semakin banyak membuat kompetisi semakin ketat dan mendorong Kober Mie untuk mencari strategi yang tepat supaya dapat kompetitif diantara para pesaingnya. Kober Mie dalam menyebarluaskan informasi dan menawarkan produknya kepada konsumen dengan memanfaatkan media sosial. Kober Mie Kediri selalu memperhatikan strategi dalam berbisnis untuk mempertahankan bisnis di era munculnya banyak pesaing lainnya. Kober Mie dalam meningkatkan pembelian produknya kepada konsumen selalu berinovasi terhadap produknya dan memperhatikan kualitas produk dalam menarik konsumen melakukan pembelian ulang. Kualitas produk merupakan fitur produk yang bergantung pada kekuatan untuk memenuhi kepuasan konsumen yang diimplementasikan. Adapun tujuan dari penelitian dapat dilihat melalui pengujian hipotesis yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan dari variabel kualitas produk (X) terhadap variabel pembelian ulang (Y) pada pelanggan produk Kober Mie Kediri. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif korelasional. Purposive sampling dimanfaatkan pada penelitian untuk teknik pengambilan sampel. Pengambilan responden mengggunakan kategori nonprobability sampling dengan menggunakan metode accidental sampling. Jenis data menggunakan data kuantitatif dan cross sectional. Sumber data penelitian yaitu data primer. Pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Uji instrumen dalam penelitian yaitu uji validitas, uji reabilitas, dan uji normalitas data. Metode analisis data dalam penelitian yaitu analisis regresi linear sederhana, uji asumsi klasik, uji hipotesis. Hasil penelitian menampilkan uji t (parsial) pada hipotesis membuktikan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap pembelian ulang ditunjukkan tingkat signifikansi (α) dari variabel kualitas produk yaitu 0,00 < 0,05. Nilai thitung > ttabel yaitu 12,650 > 1,991 artinya (H1) diterima. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan persentase pangaruh dari variabel kualitas produk (X) terhadap variabel pembelian ulang (Y) dari nilai R Square yaitu 0,645 x 100% = 64,5% dan sisanya sebesar 35,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini seperti brand image, lokasi, dan promosi penjualan. Hal tersebut diperkuat dengan temuan penelitian Utami (2022) mengungkapkan bahwa variabel food quality terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 88,4%. Demikian kesimpulannya semakin bagus kualitas produk akan mendorong pembelian ulang pada pelanggan produk Kober Mie Kediri
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121333
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Novita Astuti_170210301097.pdf
  Until 2028-05-04
2.58 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools