Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121242
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | FAJRIN, Emma | - |
dc.date.accessioned | 2024-06-10T02:50:47Z | - |
dc.date.available | 2024-06-10T02:50:47Z | - |
dc.date.issued | 2024-05-08 | - |
dc.identifier.nim | 181810101106 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121242 | - |
dc.description.abstract | Batik merupakan kain bergambar yang proses pembuatan secara khusus dengan menuliskan atau menerapkan malam pada kain. Pointilis adalah teknik lukisan di mana terbentuk dari titik kecil, titik-titik yang berbeda dari warna diterapkan untuk membentuk sebuah gambar atau pola. Menurut Kudiya (2009) Batik fraktal merupakan batik yang sentuhan desain corak dan ragam hiasnya dibuat menggunakan rumus matematika dan dikerjakan dengan teknologi komputer. Batik pointilis merupakan batik yang dibuat dengan melukis titik-titik hingga membentuk sebuah motif tertentu pada sebuah kain. Batik pointilis biasanya memiliki pola motif yang terkesan hampir mirip secara lukisan karena pembentukannya yang menggunakan teknik melukis secara pointilis. Penelitian ini akan menggunakan modifikasi aturan dan variasi rotasi chaos game dalam pembentukan desain batik fraktal pointilisnya. Motif utama yang disebut ornamen adalah bagian yang dimodelkan dari chaos game yang diterapkan dan untuk motif selingan atau yang disebut dengan isen menggunakan motif batik Gajah Oling khas Banyuwangi dan motif batik flora dari berbagai daerah. Pembuatan desain batik menggunakan software MATLAB 2015b. Pembentukan chaos game menggunakan rasio kompresi 𝑟 = 2 dengan variasi rotasi agar dapat membentuk motif yang diinginkan. Tiga modifikasi yang akan digunakan diantaranya, pertama titik yang berhadapan tidak boleh dipilih, titik sebelah kiri tidak boleh dipilih, dan titik sebelah kanan tidak boleh dipilih. Misalkan diberikan titik-titik acuan 𝐴1, 𝐴2, 𝐴3, dan 𝐴4, pada modifikasi 1 setelah pemilihan titik pertama semisal 𝐴2 maka titik didepan 𝐴2 yaitu titik 𝐴4 tidak boleh dipilih, untuk modifikasi 2 setelah pemilihan titik pertama semisal 𝐴4 maka titik disebelah kiri dari 𝐴4 yaitu titik 𝐴1 tidak boleh dipilih, dan umtuk modifikasi 3 setelah pemilihan titik pertama semisal 𝐴1 maka titik disebelah kanan 𝐴1 yaitu titik 𝐴2 tidak boleh dipilih. Proses iterasi tersebut berulang hingga mencapai jumlah iterasi yang ditentukan. Langkah yang dilakukan dalam simulasi program untuk mendapatkan hasil desain batik fraktal pointilis adalah menentukan jarak (𝛼), sudut (𝜃), iterasi, dan aturan chaos game pada radio button. Jarak adalah 1/𝑟, dengan 𝑟 rasio kompresi yang telah ditentukan, yaitu 𝑟 = 2. Maka jarak yang akan terbentuk pada chaos game adalah 1/2, yang artinya 𝛼 adalah setengah jarak titik sudut ke titik awal. Sudut (𝜃) percobaan misalnya dilakukan pada nilai 𝜃 = 30°, menentukan motif isen pada pop menu dan yang terakhir menentukan banyak iterasi yang diinginkan. Hasil dari desain batik fraktal pointilis terdapat dua macam gambar pada batik yang ditampilkan. Gambar pertama menunjukkan kumpulan titik-titik yang membentuk sebuah pola tertentu dan gambar kedua merupakan motif batik yang telah diketahui pada umumnya. Gambar pertama merupakan motif utama dalam batik fraktal pointilis yang berfungsi sebagai motif ornamen sedangkan gambar kedua yang berbentuk motif batik pada umumnya berfungsi sebagai motif selingan atau isen. Motif ornamen dan isen memiliki kesesuaian dimana motif ornamen dan isen tidak saling menumpuk satu sama lain. | en_US |
dc.description.sponsorship | Kosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Si.selaku Dosen Pembimbing Utama Bagus Juliyanto, S.Si., M.Si. selaku Dosen Pembimbing Anggota. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam | en_US |
dc.subject | Desain Batik Fraktal Pointilis | en_US |
dc.subject | Variasi Rotasi Chaos Game | en_US |
dc.subject | Persegi | en_US |
dc.title | Desain Batik Fraktal Pointilis menggunakan Variasi Rotasi Chaos Game pada Persegi | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | S-1 Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Kosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Si. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Bagus Juliyanto, S.Si., M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 15 Mei 2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 10 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi_Emma Fajrin.pdf Until 2029-05-15 | 1.39 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools