Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121105
Title: Analisis Modul Berbasis STEM-SDGs untuk Mengajarkan Keterampilan Scientific Communication Siswa pada Materi Pemanasan Global Siswa SMA
Authors: BAWANI, Amar Ma'ruf Al
Keywords: STEM-SDGs
Scientific Communication
Pemanasan Global
Issue Date: 22-Mar-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi panel. Penelitian dilakukan melalui dua kajian analisis, yaitu analisis teoritis dan analisis empiris. Analisis teoritis dilakukan mulai dari persiapan hingga analisis buku ajar fisika pada bab pemanasan global, selanjutnya analisis empiris dilakukan mulai dari pembuatan modul hingga validasi kesesuaian modul terhadap indikator scientific communication dan muatan STEM-SDGs. Hasil analisis teoritis terhadap indikator scientific communication menunjukkan bahwa ketiga buku ajar fisika kelas X memenuhi indikator keterampilan scientific communication, namun persentase kemunculan menujukkan hasil yang rendah. Pada buku A rata-rata persentase kemunculan indikator scientific communication hanya 42%, pada buku B sebesar 25%, dan pada buku C sebesar 34,05%. Berdasarkan persentase tersebut, buku A yang digunakan di sekolah menempati posisi tertinggi daripada buku B dan C, namun skor tersebut termasuk kategori rendah untuk menunjang keterampilan scientific communication. Selanjutnya, hasil analisis teoritis terhadap muatan STEM-SDGs menunjukkan bahwa pada buku A rata-rata persentase kemunculan muatan STEM-SDGs sebesar 11,92%, pada buku B sebesar 12,8%, dan pada buku C sebesar 9,4%. Diantara ketiga buku, buku A dan C belum memenuhi muatan STEM-SDGs karena pada buku A muatan technology dan engineering tidak muncul dan pada buku C muatan mathematics tidak muncul. Berdasarkan hasil tersebut, buku B memiliki lebih banyak muatan STEM-SDGs daripada buku A yang digunakan di sekolah. Terakhir adalah melakukan analisis empiris terhadap indikator keterampilan scientific communication menunjukkan persentase sebesar 72% dan muatan STEM-SDGs sebesar 29,68%. Hasil validasi kesesuaian oleh tiga validator terdiri dari dua dosen fisika dan satu guru fisika mencapai 90% (sangat sesuai). Dengan demikian, modul STEM-SDGs sangat sesuai untuk mengajarkan keterampilan scientific communication siswa.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 6 Juni 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121105
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Amar Repository.pdf
  Until 2027-12-12
1.79 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools