Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121092
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa Pada Materi Peluang
Authors: PRAWANGSA, Nurissa Latiefany Fitrah
Keywords: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
ARTICULATE STORYLINE
LITERASI MATEMATIKA
Issue Date: 24-Jan-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa pada Materi Peluang; Nurissa Latiefany Fitrah Prawangsa; 180210101022; 42 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajarn yang menarik dan membantu siswa agar lebih mudah dalam memahami materi khususnya materi peluang. Software yang digunakan dalam pengembangan ini adalah Articulate Storyline 3. Hal ini berdasarkan pada kemudahan fitur yang disediakan oleh Articulate Storyline. Meskipun cukup mudah dalam pengoperasiannya, software ini mampu menghasilkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif serta dilengkapi dengan fitur quiz. Selain itu, media yang dikembangkan dapat dipublikasikan dalam berbagai format seperti html5 dan dapat diakses secara online maupun offline. Proses pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Materi peluang dipilih dalam penelitian ini karena materi tersebut merupakan salah satu materi yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari dan membutuhkan langkah pengerjaan yang sistematis, sehingga komponen literasi matematika dapat diuraikan dengan jelas pada setiap proses pengerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif serta mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Kevalidan media diperoleh dari hasil validasi oleh dua dosen Pendidikan Matematika dan satu guru matematika SMP Muhammadiyah 1 Jember. Kepraktisan media diperoleh dari hasil analisis angket respon siswa. Keefektifan diperoleh dari hasil skor pretest dan postest, media pembelajaran dikatakan mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa apabila telah memenuhi kriteria efektif minimal dalam kategori sedang. Hasil pengembangan media pembelajaran berbantuan Articulate Storyline pada materi peluang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dengan rincian sebagai berikut: a. Media pembelajaran dan instrumen yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, ditunjukan dengan nilai validasi sebesar 0,95. Artinya, media dan instrumen tes dapat dikategorikan sangat valid. b. Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan, ditunjukkan dengan nilai presentase respon siswa 84,5%. Artinya, media pembelajaran bernilai praktis dalam kategori baik. c. Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan, ditunjukkan dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,57. Artinya, media pembelajaran bernilai efektif dalam kategori sedang. d. Media pembelajaran yang dikembangkan mampu meningkatkan literasi matematika siswa, ditunjukkan dengan peningkatan skor tes yang memuat enam indikator literasi matematika sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Keenam indikator tersebut yaitu merumuskan (1) meningkat dari 2,23 menjadi 2,75; merumuskan (2) meningkat dari 1,94 menjadi 2,48; menggunakan (1) meningkat dari 1,89 menjadi 2,58; menggunkan (2) meningkat dari 1,91 menjadi 2,51; menafsirkan (1) meningkat dari 1,0 menjadi 1,98; dan menafsirkan (2) meningkat dari 1,58 menjadi 2,42.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121092
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NURISSA.pdf
  Until 2028-03-16
2.58 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools