Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/1208
Title: Pengembangan Model Pembelajaran Ipa Berbasis Lingkungan Luar Kelas Untuk Menciptakan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan Di SD
Authors: Singgih Bektiarso
Imam Mudakir
Didik Sugeng Pambudi
Keywords: Model Pembelajaran Ipa
Inovatif Kreatif Efektif
Menyenangkan Di SD
Issue Date: 25-Sep-2013
Publisher: HB-2011
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe awal mengenai Model Pembelajaran IPA Luar Kelas (Outdoor Science Learning =OSL) disertai perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development = R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model dari Plomp yang telah dimodifikasi. Dari 5 tahap hanya digunakan 4 tahap saja. Keempat tahapan penelitian, tersebut adalah tahap (1) investigasi awal, (2) perancangan (desain), (3) realisasi/konstruksi, dan (4) tes, evaluasi, dan revisi. Pada tahun pertama ini, telah dilaksanakan 3 tahap dan menghasilkan Prototipe I. Prototipe I berisi konsep Model Pembelajaran OSL beserta perangkat pembelajaran sebagai pendukungnya yang dapat dijadikan alternative bagi Guru dalam menciptakan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) di Sekolah Dasar. Tindakan selanjutnya yang akan dilakukan pada tahun ke-2 adalah melakukan tahapan 4, yaitu Uji Validasi Prototipe I, Tes dan Revisi pada tahap Uji Coba Lapangan. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, IPA Luar Kelas, PAIKEM
Description: Info lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Jember telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1208
Appears in Collections:LRR-Hibah Bersaing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
hb-Singgih Bektiarso.pdf192.02 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.