Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120845
Title: Campur Kode pada Siniar "INSNI Project" dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Teks Berita Di SMP
Authors: ROHMAH, Ainur
Keywords: CAMPUR KODE
BENTUK
FAKTOR
SINIAR INSNI PROJECT
Issue Date: 14-Jun-2023
Publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Abstract: Penelitian ini mendeskripsikan tentang campur kode dan faktor penyebabnya yang terdapat pada siniar INSNI Project. Rancangan dan jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini merupakan data lisan dari dialog yang terdapat pada siniar INSNI Project berupa kata, frasa, baster, dan klausa. Teknik pengumpulan data yakni teknik transkripsi data, wawancara, dan SBLC. Teknik analisis data adalah teknik analisis kualitatif dilakukan dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting yang akan dipelajari, dan membuat simpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bentuk campur kode ditemukan: a) campur kode bentuk kata (kata dasar, kata berimbuhan, kata ulang seluruh, kata ulang sebagian, dan kata ulang dengan pembubuhan afiks), b) campur kode bentuk frasa, c) campur kode bentuk baster, d) campur kode bentuk klausa. (2) faktor penyebab terjadinya campur kode ditemukan: a) penggunaan kata populer, b) faktor personal, c) mitra bicara. (3) pemanfaatan hasil penelitian sebagai alternatif materi dalam pembelajaran: Data dalam penelitian dapat dimanfaatkan sebagai alternatif materi pembelajaran untuk menganalisis adanya campur kode yang terdapat di dalam berita kemudian menyajikan teks berita secara tulis maupun lisan.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120845
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REPOSITORY UNEJ.pdf
  Until 2028-06-14
855.41 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools