Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120818
Title: Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Jember Lor 01
Authors: LUFITASARI, Shela Septian
Keywords: Problem Based Learning
Metode Eksperimen
Kemampuan Berpikir Kritis
Model Pembelajaran
Issue Date: 2-Nov-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Problem Based Learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah adalah salah satu model pembelajaran yang kegiatannya berfokus pada penyelesaian masalah oleh siswa. Metode eksperimen adalah metode pembelajaran dengan melakukan percobaan untuk mengetahui kebenaran dari suatu materi. Oleh karena itu, melalui metode eksperimen siswa dapat melakukan percobaan, mengamati proses, dan menarik kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan sehingga dapat merangsang kemampuan berpikirnya. Hasil observasi di SDN Jember Lor 01 menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPA dengan kurikulum 2013 sudah menggunakan model PBL, tetapi penerapan model PBL dengan metode eksperimen masih belum dilakukan. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dengan metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Jember Lor 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimental dengan menggunakan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi serta wawancara sebagai data pendukung untuk mengetahui permasalahan. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji t-test, dan uji keefektifan relatif. Uji normalitas bertujuan untuk mengetahui apakah data tersebut berdistribusi normal. Hasil uji normalitas diperoleh nilai signifikansi 0,06 sehingga nilai signifikansi lebih besar dari 0,05, maka data berdistribusi normal. Analisis data selanjutnya yaitu melakukan uji t-tes menggunakan rumus Independent Sample T-test diperoleh nilai t yaitu 8,4541, kemudian t-hitung dikonsultasikan dengan t-tabel pada taraf signifikansi 0,05. Nilai t-tabel untuk taraf signifikansi 0,05 dengan df 54 adalah 2,0048. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t-hitung t-tabel yaitu 8,4541 2,0048, setelah memperoleh nilai dari uji-t dilanjutkan dengan uji keefektifan relatif untuk mengetahui seberapa besar keefektifan yang dicapai suatu kelompok dengan kelompok lainnya dan diperoleh hasil 80%. Berdasarkan hasil perhitungan uji t, dapat disimpulkan bahwa t-hitung ttabel dengan taraf signifikansi kurang dari 0,05 hal ini berarti hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model PBL dengan metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Jember Lor 01.
Description: validasi_repo_firli_Desember_2023_18
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120818
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-12-18
3.36 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools