Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120790
Title: Pengaruh Teknik Token Ekonomi Terhadap Tingkat Agresivitas Siswa Kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023
Authors: SARI, Tingkat Agresivitas Siswa
Keywords: Teknik Token Ekonomi
Tingkat Agresivitas Siswa
Issue Date: 6-Jun-2023
Publisher: Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
Abstract: Perilaku agresif pada anak dapat mempengaruhi perkembangan kemampuan sosialisasi anak dan dapat berdampak pada akademis anak di sekolah. Dari hasil observasi awal yang telah dilakukan di SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi ditemukan permasalahan perilaku agresif. Dari 13 siswa di kelas 2, 10 anak terlihat berperilaku agresif fisik seperti memukul, menendang, mencubit, dan mendorong teman. Sedangkan 3 siswa lainnya lebih terlihat perilaku agresif bentuk verbal seperti, menghina, mencaci maki, berkata kotor, berteriak dengan keras, dan mengancam pada saat di kelas. Token ekonomi diujicobakan untuk mengurangi perilaku agresif anak. Rumusan masalah yang terdapat dalamَ penelitianَ iniَ adalah,َ “Adakah pengaruh teknik token ekonomi terhadap tingkat agresivitas siswa kelas 2 di SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023?” Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh treatment teknik token ekonomi terhadap tingkat agresivitas siswa kelas 2 di SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan desain penelitian pra eksperimental dan menggunakan pola penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Lokasi penelitian yang digunakan sebagai tempat penelitian yaitu di kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 13 siswa. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus tata jenjang atauَ Spearman’sَ rhoَ danَ Cronbach’sَ Alpha. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil berupa negative ranks sebesar 7,00 dan nilai signifikansi sebesar 0,001. Dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat diketahui bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dari uji hipotesis menyatakan bahwa penerapan treatment token ekonomi berpengaruh terhadap tingkat agresivitas siswa kelas 2 SD Negeri 4 Kluncing. Saran yang bisa disampaikan dari hasil penelitian ini adalah guru disarankan menerapkan teknik token ekonomi dapat diterapkan untuk mengurangi agresifitas siswa dengan penerapan yang konsisten dan bekerja sama dengan wali kelas atau guru yang lain agar suasana kelas lebih kondusif.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 3 Juni 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120790
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI REVINDA NANDA SARI 190210205058 UNEJ.pdf
  Until 2028-07-17
4.78 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools