Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120111
Title: Analisis Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ditinjau dari Gaya Berpikir
Authors: KHASANAH, Elok Uswatun
Keywords: Koneksi Matematis
Pemecahan Masalah
SPLDV
Gaya Berpikir
Issue Date: 23-Jan-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, termasuk juga pada masalah yang berkaitan dengan SPLDV. Setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam menyelesaikan masalah, salah satunya disebabkan oleh gaya berpikir. Gaya berpikir menurut Gregorc terdiri dari sekuensial konkret (SK), sekuensial abstrak (SA), acak konkret (AK), dan acak abstrak (AA). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan koneksi matematis siswa dalam memecahkan masalah SPLDV ditinjau dari gaya berpikir. Metode pengumpulan data menggunakan angket gaya berpikir, tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara yang telah dinyatakan valid. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa dari kelas IX-B dan IX-D SMP Bustanul Makmur. Teknik analisis data berdasarkan hasil dari angket, tes pemecahan masalah dan hasil wawancara dari subjek terpilih. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa koneksi matematis masing-masing gaya berpikir dalam menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan SPLDV memiliki persamaan dan perbedaan. Siswa SK, SA, dan AK dalam memecahkan masalah kontekstual yang berkaitan dengan SPLDV dapat mengidentifikasi informasi fakta dan konsep matematika dari masalah yang diberikan dengan tepat, dapat menemukan keterkaitan antar konsep matematika satu dengan yang lainnya untuk menyelesaikan masalah, dan menggunakan keterkaitan konsep dengan prosedur dan operasi hitung untuk menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari dengan tepat, sehingga menghasilkan kesimpulan yang tepat. Siswa dengan gaya berpikir AA dalam memecahkan masalah kontekstual yang berkaitan dengan SPLDV tidak dapat mengidentifikasi fakta dan konsep matematika dalam konteks kehidupan sehari-hari pada masalah yang diberikan dengan tepat, dapat menemukan keterkaitan antar konsep matematika satu dengan yang lainnya untuk menyelesaikan masalah meskipun dalam mengetahui konsep matematika yang berkaitan dengan masalah secara tidak langsung, dan tidak menggunakan keterkaitan konsep dengan prosedur dan operasi hitung untuk menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari secara tepat atau cenderung masih terdapat kesalahan.
Description: validasi_repo_firli_Februari_2024_5 Finalisasi unggah file repositori tanggal 7 Maret 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120111
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI WATERMARK_ELOK USWATUN KHASANAH_190210101100.pdf
  Until 2029-02-02
1.51 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools