Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119914
Title: Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi kasus pada kurikulum merdeka materi lembaga jasa keuangan kelas X-A dan X-D SMAN 2 Tanggul Tahun Akademik 2022/2023)
Authors: SARI, Dewi Atika Jr
Keywords: PROBLEM BASED LEARNING
DISCOVERY LEARNING
HASIL BELAJAR SISWA
Issue Date: 13-Dec-2023
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini menerapkan jenis penelitian quasi eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan 2 model pembelajaran dan 2 kelas. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran PBL dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Discovery learning. Pengambilan data penelitian diambil dari tes, wawancara, observasi, dan dokumen pendukung. Peneliti menentukan subjek penelitian menggunakan cara purposive sampling yang didapat dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran. Lokasi yang ditentukan oleh peneliti yaitu SMAN 2 Tanggul. Subjek penelitian yaitu kelas X-A dan X-D sebagai sampel penelitian. Hasil dari uji normalitas dengan menggunakan Shapiro-wilk menunjukan hasil nilai signifikasi ˃ 0,05. Pada kelas eksperimen perolehan tingkat signifikasi yang diperoleh post-test mendapatkan nilai 0,183. Pada kelas kontrol perolehan siginifikasi pada kelas kontrol mendapat nilai 0,168. Berdasarkan dari hasil nilai analisis data normalitas dapat dinyatakan bahwa data berdistribusi dengan normal. Berdasakan hasil uji tabel di atas dapat dilihat hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas control keduanya berbeda secara signifikan. Dapat dilihat pada nilai sig.(2-tailed) yaitu 0.001 ˂ 0,05. Kesimpulannya, H0 ditolak dan Hi diterima. Artinya memang ada perbedaan secara signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Bassed Learning (PBL) dengan model Discovery Learning. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil dari posttest siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 80,57. Sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata hasil posttest yakni 72,57. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Hal lain yang menjadi tolak ukur terdapat pada jumlah siswa yang tuntas dalam mengerjakan soal posttest. Pada kelas eksperimen, sebanyak 28 orang (80%) siswa tuntas, sedangkan pada kelas kontrol, jumlah siswa yang tuntas yakni 16 orang (45%) siswa.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119914
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI Dewi Atika Sari_190210301117.pdf2.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools