Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119869
Title: Perkembangan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Pasca Pandemi di Kelompok Batita PAUD Terpadu Al Furqan Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023
Authors: IZZAH, Lailatul
Keywords: Expressing language
Post-pandemic
Toddler group
Issue Date: 7-Dec-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Perkembangan kemampuan mengungkapkan bahasa pada anak usia 1-3 tahun ialah kemampuan anak dalam menggunakan kata-kata pendek dan mudah untuk mengungkapkan keinginannya, menyukai dibacakan buku yang sama secara berulang-ulang, dapat berbicara dengan dua kata atau lebih tentang benda atau tindakan tertentu, dapat mengucapkan kata sederhana dengan lebih jelas, dapat menggunakan kalimat pendek dengan kosakata terbatas untuk menyatakan apa yang dilihat dan dirasa, dapat membuka halaman buku, dapat berbicara dengan dua kata atau lebih tentang benda atau tindakan tertentu dengan nada yang sesuai dengan tujuan, dan dapat mengucapkan kalimat sederhana. Perkembangan kemampuan mengungkapkan bahasa pada anak kelompok batita PAUD Terpadu Al Furqan Jember terlihat beberapa anak yang sudah mampu mengungkapkan bahasa dan sebagian lainnya belum mampu mengungkapkan bahasa dengan tepat yakni belum bisa berbicara dan mengungkapkan bahasa dan ada juga yang sudah bisa mengeluarkan suara namun kurang jelas bahasanya sehingga lawan bicaranya kurang mengerti apa yang dimaksud anak. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini ialah bagaimanakah perkembangan kemampuan mengungkapkan bahasa pasca pandemi di kelompok batita PAUD Terpadu Al Furqan Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember pada tahun ajaran 2022/2023?. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan mengungkapkan bahasa pasca pandemi di kelompok batita PAUD Terpadu Al Furqan Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif, yang dilakukan di kelas kelompok batita PAUD Terpadu Al Furqan Jember selama 2 minggu. Sumber data yang diperoleh dari informan kunci yaitu anak kelompok batita usia 1-3 tahun, sedangkan informan pendukung yaitu pendidik kelompok batita PAUD Terpadu Al Furqan Jember dan dokumen. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dengan alat bantu check list dan catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yakni melalui empat tahapan yaitu proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Perkembangan kemampuan mengungkapkan bahasa pasca pandemi di kelompok batita PAUD Terpadu Al Furqan Jember menunjukkan hasil bahwa perkembangan kemampuan mengungkapkan bahasa anak usia 1-2 tahun pada indikator menggunakan kata-kata pendek dan mudah untuk mengungkapkan keinginannya, menyukai dibacakan buku yang sama berulang-ulang, berbicara dengan dua kata atau lebih tentang benda atau tindakan tertentu, dan indikator mengucapkan kata sederhana dengan lebih jelas, MQSF dan MSNA sudah Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sedangkan perkembangan mengungkapkan kemampuan bahasa anak usia 2-3 tahun pada indikator menggunakan kalimat pendek dengan kosakata terbatas untuk menyatakan apa yang dilihat dan dirasa, membuka halaman buku, berbicara dengan dua kata atau lebih tentang benda atau tindakan tertentu dengan nada yang sesuai dengan tujuan, dan indikator mengucapkan kalimat sederhana terdapat 10 anak yang sudah Berkembang Sesuai Harapan (BSH) yakni LAB, MKA, MAAA, RBM, LKMAS, APM, IBA, ACW, MGH, dan SHD. 1 anak yaitu EGI Mulai Berkembang (MB), dan 2 anak yaitu ADCA dan DAR Belum Berkembang (BB).
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119869
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Watermark Skripsi Lailatul Izzah_190210205045.pdf
  Until 2028-12-07
641.02 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools