Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119847
Title: Pengembangan Buku Ajar IPA Interaktif Berbasis Ijen Geopark untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMP
Authors: REVANZA, Praditya Tri
Keywords: Ijen Geopark
Virtual Laboratory
Kemampuan Berpikir
Buku Ajar
Issue Date: 11-Jan-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi sumber daya manusia pada siswa guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Ironisnya, di era digital saat ini, sekolah-sekolah di Indonesia masih jauh dari memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Langkah penting dalam mempersiapkan siswa menghadapi tantangan abad ke-21 yaitu dengan mengintegrasikan Higher Order Thinking Skills (HOTS) ke dalam kurikulum. Pengembangan buku ajar IPA interaktif dapat menjadi solusi efektif untuk mendukung guru dalam meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan validitas buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP; (2) Mendeskripsikan kepraktisan buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP; (3) Mendeskripsikan efektivitas buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis (analisis), Design (desain), Development (develop), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi)). Penggunaan metode ADDIE dalam pengembangan buku ajar ini agar proses pengembangannya terstruktur dan sistematis. Tempat yang digunakan untuk melaksanakan uji pengembangan dalam penelitian ini yaitu berada di SMP Negeri 4 Bondowoso pada materi kalor dan perpindahannya kelas VII. Waktu pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket validasi, lembar keterlaksanaan, soal pretest dan posttest, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektivan. Hasil penelitian pada Higher Order Thinking Skills (HOTS) diketahui melalui rekapitulasi kevalidan buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark pada materi kalor dan perpindahannya termasuk kriteria sangat valid, dengan skor kevalidan sebesar 94.50%. Sehingga, buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. Selanjutnya rekapitulasi kepraktisan buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark pada materi kalor dan perpindahannya termasuk kriteria sangat praktis dengan hasil presentase kepraktisan sebesar 91.20%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark di kelas VII C, SMPN 4 Bondowoso sangat praktis. Dan rekapitulasi keefktifan buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP dinyatakan efektif. Keefektifan tersebut dibuktikan dengan hasil paired sample t-test sig 0.00 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan buku ajar IPA interaktif berbasis Ijen Geopark dapat meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa SMP pada materi kalor dan perpindahannya.
Description: validasi_repo_firli_Februari_2024_5 Finalisasi unggah file repositori tanggal 5 Februari 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119847
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Praditya Tri Revanza.pdf
  Until 2029-01-11
1.47 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools