Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119602
Title: Pengaruh Sosial Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sakera Di Kabupaten Jember
Authors: PUTRI, Sulis Diana
Keywords: Perilaku Konsumen
Bauran Pemasaran
Sosial Media Marketing
Komunikasi Pemasaran
Issue Date: 5-Jan-2024
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract: Fenomena semakin berkembangnya usaha bisnis makanan di Jember ikut mempengaruhi keputusan pembelian, terutama pada pemilihan tempat makan menjadi latar belakang dari penelitian ini yaitu Rumah Makan Mie Sakera Jember. Rumah Makan Mie Sakera Jember mampu bersaing dengan kompetitor dilihat dari penilaian melalui Google Review dengan total 4,5 penilaian ringkasan ulasan (bintang) yang diperoleh. Pengambilan keputusan adalah suatu kegiatan seseorang yang secara langsung terlibat untuk mendapatkan dan menggunakan barang yang telah ditawarkan dari berbagai altenatif penyelesaian masalah dengan tindak lanjut yang nyata. Konsumen dapat melakukan evaluasi terhadap pilihan produk dan kemudian dapat mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial instagram terhadap keputusan pembelian secara silmutan dan parsial, serta mengetahui variabel independen (sosial media marketing instagram) manakah yang memiliki pengaruh dominan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah followers intagram Rumah Makan Mie Sakera Jember. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Pengujian instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana dengan uji T dan uji R. Berdasarkan besar nilai Adjusted R-square dapat diketahui apabila pennyebaran informasi dilakukan dengan promosi sistem sosial media marketing dengan internet dan media sosial maka akan meningkatkan keputusan beli sebesar 0,79 yang ditunjukkan dengan nilai koefisien positif senilai itu, sehingga setiap peningkatan penggunaan media elektronik dalam sistem sosial media marketing maka akan menaikkan keputusan pembelian konsumen Mie Sakera sebesar 0,79, sebab sosial media marketing merupakan sistem penyebaran informasi dari satu orang ke orang lain dengan media berupa media elektronik, sehingga konsumen yang melihat dan membaca serta melakukan akses tersebut akan terpengaruh dengan informasi yang terdapat dalam media tersebut.
Description: validasi_repo_firli_januari_2024_23
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119602
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi sulis diana putri (repository).pdf
  Until 2029-01-05
1.16 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools