Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119457
Title: Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Zainul Hasan Genggong Probolinggo melalui Prosedur PjBL yang Dikemas pada Nearpod
Authors: HASANAH, Ika Nur Qomariyah
Keywords: Keterampilan Menulis
Media Pembelajaran
Media Nearpod
Project Based Learning
Issue Date: 23-Oct-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Di kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong ditemukan permasalahan terkait penulisan teks deskripsi. Teks deskripsi yang ditulis oleh siswa kelas VII K berupa poin-poin bukan teks deskripsi, sebagian siswa juga menulis satu kalimat panjang dan penulisannya menyerupai penulisan paragraf, dan satu siswa mengumpulkan teks cerita atau teks narasi bukan teks deskripsi. Oleh karena itu, teks deskripsi yang ditulis siswa belum bisa disebut teks deskripsi karena tidak sesuai dengan struktur dan ciri kebahasaan teks deskripsi. Tindakan yang dapat dilakukan ialah menerapkan prosedur pembelajaran PjBL (Project Base Learning) yang dikemas pada Nearpod. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII MTs Zainul Hasan Genggong melalui prosedur pembelajaran PjBL yang dikemas pada Nearpod? (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong setelah dilakukan pembelajaran melalui prosedur pembelajaran PjBL yang dikemas pada Nearpod? Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses serta peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong setelah diterapkan pembelajaran menulis teks deskripsi dengan prosedur PjBL yang dikemas pada Nearpod. Dengan demikian, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkiblat pada model PTK Kurt Lewin. Pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong melalui prosedur pembelajaran PjBL yang dikemas pada Nearpod berhasil meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa. Hal ini diketahui dari teks deskripsi yang ditulis siswa semakin baik, nilai rata-rata siswa, dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal juga semakin meningkat. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa yaitu 53 dengan ketuntasan belajar 38% meningkat menjadi 62 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 57,1% pada siklus I, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 78,4 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 91%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa prosedur pembelajaran PjBL yang dikemas pada Nearpod dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong. Adapun saran yang direkomendasikan dari hasil penelitian ini untuk guru Bahasa Indonesia agar dapat menerapkan prosedur pembelajaran PjBL dan Nearpod tidak hanya di kelas VII K melainkan diterapkan juga di kelas lainnya. Bagi pimpinan lembaga pendidikan beserta wakilnya, hasil penelitian ini sebaiknya dipertimbangkan untuk dijadikan evaluasi dalam upaya perbaikan serta peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Sementara itu, peneliti selanjutnya hendaknya menjadikan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian yang relevan dengan penelitian ini dan/ menyempurnakan penelitian ini dengan memberikan pembaruan pada penelitian yang relevan dengan penelitian ini.
Description: validasi_repo_firli_januari_2024_11 Finalisasi unggah file repositori tanggal 12 Januari 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119457
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
IKA NUR QOMARIYAH HASANAH_190210402034_SKRIPSI REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER.pdf
  Until 2028-01-11
894.52 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools