Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119412
Title: | Desain Kapal Penyelamat (Rescue) Untuk Wilayah Operasional Pos Sar Banyuwangi |
Authors: | NANDIKA, Muhammad Rafli Isla |
Keywords: | Search and Rescue Kapal Rescue Desain Kapal |
Issue Date: | 5-Dec-2023 |
Publisher: | Fakultas Teknik |
Abstract: | SAR (Search and Rescue) adalah usaha dan kegiatan manusia mencari, menolong, dan menyelamatkan jiwa manusia yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau sedang menghadapi bahaya dalam musibah - musibah seperti pelayaran, penerbangan, dan bencana. Badan SAR Nasional adalah lembaga pemerintah yang bergerak di bidang pencarian dan pertolongan (Search and Rescue). Kapal penyelamat (rescue) adalah kapal yang dirancang khusus untuk melakukan penyelamatan dengan cepat dalam situasi darurat saat terdapat insiden di laut, seperti ada seseorang yang tiba - tiba terjatuh ke laut. Tingginya intensitas kegiatan pelayaran, khususnya kegiatan penyeberangan antara Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi dengan Pelabuhan Gilimanuk di Bali tentunya memiliki risiko terjadinya kecelakaan kapal baik itu menyebabkan kebakaran, jatuhnya korban maupun tumpahan minyak yang mencemari ataupun merusak lingkungan laut. Berdasarkan data dari KNKT, selama periode 2018-2022 terjadi sebanyak 108 insiden kecelakaan kapal yang beberapa diantaranya terjadi di area penyeberangan antara Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi dan Pelabuhan Gilimanuk di Bali. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian untuk mendesain sebuah kapal penyelamat (rescue) untuk wilayah operasional POS SAR Banyuwangi. Metode desain dalam penelitian ini menggunakan metode parametric design approach dalam menentukan ukuran utama kapal. Setelah itu, dilakukan analisis teknis berupa analisis hambatan kapal, pemilihan main engine, analisis berat kapal, dan analisis stabilitas kapal. Ukuran utama kapal yang telah memenuhi analisis teknis kemudian dibuat desain rencana garis, rencana umum, dan desain 3 dimensi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh desain kapal penyelamat (rescue) dengan ukuran utama LOA = 20m, B = 5m, H = 2,99m, T = 1,60m. Hasil analisis teknis nilai hambatan kapal dengan metode savitsky sebesar 27 kN dan dilakukan pemilihan main engine 2 x 450 hp, light weight tonnage (LWT) sebesar 24,586 ton dan deadweight tonnage (DWT) sebesar 2,086 ton. Hasil analisis stabilitas untuk loadcase 1 nilai dari sudut 0° - 30° sebesar 0,074 m.rad, sudut 30° - 40° sebesar 0,084 m.rad, GZ 30° sebesar 1,8 meter, θ Max sebesar 87,3 deg, GM0 sebesar 0,48 meter. Hasil analisis stabilitas untuk loadcase 2 nilai dari sudut 0° - 30° sebesar 0,070 m.rad, sudut 30° - 40° sebesar 0,080 m.rad, GZ 30° sebesar 1,7 meter, θ Max sebesar 87,3 deg, GM0 sebesar 0,45 meter. Hasil analisis stabilitas untuk loadcase 3 nilai dari sudut 0° - 30° sebesar 0,070 m.rad, sudut 30° - 40° sebesar 0,080 m.rad, GZ 30° sebesar 1,7 meter, θ Max sebesar 87,3 deg, GM0 sebesar 0,44 meter. Hasil desain kapal dalam penelitian ini berupa rencana garis (lines plan), rencana umum (general arrangements), dan desain model kapal tiga dimensi. |
Description: | validasi_repo_firli_januari_2024_8 |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119412 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
191910701005_M.Rafli Isla Nandika_Repository.pdf Until 2028-12-05 | 1.17 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools