Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119389
Title: Pengaruh Disiplin Kerja, Kompetensi, dan Motivasi Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja pada ASN Tenaga Kependidikan di Universitas Jember
Authors: YULIANTO, Dedie Priyas
Keywords: DISIPLIN KERJA
KOMPETENSI PEGAWAI
MOTIVASI KERJA
KINERJA PEGAWAI
KEPUASAN KERJA
Issue Date: 8-Jan-2023
Publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, kompetensi dan motivasi terhadap kinerja pegawai ASN Tenaga Kependidikan di Universitas Jember. Tugas tenaga kependidikan adalah menyelenggarakan, mengembangkan, mengawasi, mengelola, dan memberikan pelayanan teknis guna menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan. Populasi penelitian ini adalah pegawai ASN Tenaga Kependidikan yang berstatus Pegawai Negeri pada seluruh unit Kantor Pusat, Fakultas, Lembaga dan UPA di Universitas Jember dengan jumlah total populasi sebanyak 186 responden. Pengambilan sampel dilakukan teknik proportional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin dari total 567 karyawan ASN Tendik dihasilkan 186 sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data primer diperoleh dari responden melalui kuesioner. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah structural equation modeling (SEM) dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS analysis of Moment structure atau AMOS. Dari hasil analisis SEM diperoleh hasil pengaruh langsung dan tidak langsung antar variabel sebagai berikut : 1. Bahwa pengaruh langsung disiplin kerja terhadap Kinerja ASN tenaga kependidikan lebih besar dibandingkan dengan pengaruh tidak langsung melalui kepuasan kerja. Artinya, Kinerja ASN tenaga kependidikan lebih banyak dipengaruhi secara langsung oleh faktor disiplin kerja. Pengaruh tidak langsung meskipun kecil menunjukkan bahwa faktor kepuasan kerja dapat menjadi perantara pengaruh disiplin kerja terhadap Kinerja ASN tenaga kependidikan. 2. Bahwa pengaruh langsung kompetensi terhadap Kinerja ASN tenaga kependidikan lebih besar dibandingkan dengan pengaruh tidak langsung melalui kepuasan kerja. Artinya, Kinerja ASN tenaga kependidikan lebih banyak dipengaruhi secara langsung oleh faktor kompetensi. Pengaruh tidak langsung meskipun kecil menunjukkan bahwa faktor kepuasan kerja dapat menjadi perantara pengaruh kompetensi terhadap Kinerja ASN tenaga kependidikan. 3. Bahwa pengaruh langsung motivasi terhadap Kinerja ASN tenaga kependidikan lebih besar dibandingkan dengan pengaruh tidak langsung melalui kepuasan kerja. Artinya, Kinerja ASN tenaga kependidikan di Universitas Jember lebih banyak dipengaruhi secara langsung oleh faktor motivasi. Pengaruh tidak langsung meskipun kecil menunjukkan bahwa faktor kepuasan kerja dapat menjadi perantara pengaruh motivasi terhadap Kinerja ASN tenaga kependidikan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengaruh langsung disiplin kerja terhadap Kinerja ASN tenaga kependidikan lebih besar dibandingkan dengan pengaruh tidak langsung melalui kepuasan kerja. Artinya, Kinerja ASN tenaga kependidikan lebih banyak dipengaruhi secara langsung oleh faktor disiplin kerja. Kinerja ASN tenaga kependidikan lebih banyak dipengaruhi secara langsung oleh faktor motivasi. kepuasan kerja menjadi intervening bagi pengaruh motivasi terhadap kinerja ASN tenaga kependidikan. Motivasi berpengaruh terhadap kinerja ASN tenaga kependidikan melalui kepuasan kerja. Sedangkan Pengaruh kompetensi terhadap Kinerja ASN tenaga kependidikan secara langsung lebih besar dibandingkan dengan pengaruh tidak langsung melalui kepuasan kerja. Artinya, Kinerja ASN tenaga kependidikan lebih banyak dipengaruhi secara langsung oleh faktor kompetensi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119389
Appears in Collections:MT-Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TA-Watermark-Upload-to-repository.pdf
  Until 2028-01-08
File Tugas Akhir Tesis Dedie Priyas Yulianto, S.Kom. 2008201010701.34 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.