Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119368
Title: | Pengaruh Model Inkuiri Terhadap Karakter Gotong-Royong Mata Pelajaran PPKn Unit 3 Siswa Kelas IV SDN Blindungan 1 Bondowoso |
Authors: | SYAFIAH, Nabila Nur |
Keywords: | Model Inkuiri Karakter Gotong-royong PPKn |
Issue Date: | 3-Nov-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model inkuiri terhadap karakter gotong-royong mata pelajaran PPKn unit 3 siswa kelas IV SDN Blindungan 1 Bondowoso. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan desain non-equivalent control group yang menggunakan pola eksperimen semu atau quasy experiment. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, dokumentasi, dan angket skala sikap. Hasil perhitungan uji t menggunakan bantuan SPSS versi 22, nilai thitung diperoleh 5.525 maka ttabel pada taraf signifikansi 5% menunjukkan angka 2.008, sehingga nilai thitung lebih besar dari ttabel (5.525 > 2.008). Hasil uji keefektifan relatif diperoleh sebesar 43% yang termasuk keefektifan sedang, artinya penggunakan model inkuiri lebih efektif 43% dibandingkan penggunaan model kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model inkuiri terhadap karakter gotong-royong mata pelajaran PPKn unit 3 siswa kelas IV SDN Blindungan 1 Bondowoso dengan tingkat keefektifan relatif sebesar 43%. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 5 Januari 2024_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119368 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Nabila Nur Syafiah_190210204054.pdf Until 2028-11-03 | 2.22 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools