Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119107
Title: Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Idol K-Pop dan Brand Image Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Siswa Kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo)
Authors: KUMALA, Era Friyda
Keywords: Brand Ambassador,
Brand Image
Keputusan Pembelian
Perilaku Konsumen
Issue Date: 17-Sep-2022
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penggunaan brand ambassador sebagai perwakilan perusahaan diyakini mempunyai daya tarik tersendiri. Selain mempunyai keuntungan diperhatikan publik dan kekuatan memperoleh perhatian dari konsumen, brand ambassador juga memiliki kekuatan untuk dijadikan sebagai alat untuk merayu, membujuk serta mempengaruhi konsumen dengan popularitas yang dimilikinya. Siswa kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo memperhatikan idol Kpop yang menjadi brand ambassador shopee dalam media sosial maupun televisi. Brand ambassador memiliki pengaruh yang kuat karena semakin populer dan rupawan idol Kpop yang dipilih sebagai brand ambassador maka semakin membuat siswa kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo untuk menggunakan shopee dalam mengambil keputusan pembelian. Brand image dapat mempengaruhi penilaian konsumen terhadap berbagai macam merek yang akan dipilih sebagai keputusan pembelian konsumen. Shopee memiliki image yang positif karena sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat diketahui dengan banyaknya penghargaan yang diterima shopee dalam hal kualitas layanan dan produk-produk yang diberikan Shopee kepada konsumen. Brand image perusahaan akan diingat oleh konsumen apabila konsumen merasakan senang atau tidak senang saat berbelanja pada perusahaan yang ia pilih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Idol K-Pop dan Brand Image Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee pada Siswa Kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo dan untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh di antara brand ambassador idol Kpop dan brand image perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee pada Siswa Kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo. Pada teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling yaitu sebanyak 71 responden, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil perhitungan koefisiensi determinasi (R2 ) yang digunakan untuk mengetahui kontribusi pengaruh variabel bebas (brand ambassador idol Kpop dan brand image perusahaan) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 0,803. Hal ini menunjukan bahwa besarnya pengaruh brand ambassador idol Kpop dan brand image perusahaan terhadap keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee pada Siswa Kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo yaitu sebesar 80,3% sedangkan sisanya yaitu 19,7 % dipengaruhi oleh variabel bebas yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel brand ambassador idol Kpop yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee pada Siswa Kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo yaitu sebesar 44,34%, sedangkan variabel brand image perusahaan berpengaruh sebesar 35,9 %. Hal ini menunjukan bahwa variabel brand ambassador idol Kpop lebih berpengaruh terhadap keputusan pembelian dibandingkan dengan brand image.
Description: validasi_repo_firli_oktober_2023_18 Finalisasi unggah file repositori tanggal 13 Desember 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119107
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi era friyda kumala-repository.pdf
  Until 2028-07-06
3.93 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools