Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118999
Title: Peningkatan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Pendekatan Art Therapy pada Siswa Taman Kanak-Kanak di Jember
Authors: ERMAWATI, Tantin
Keywords: Kesehatan gigi mulut
Art therapy
Taman Kanak kanak
Issue Date: 1-Mar-2023
Publisher: Warta Pengabdian
Abstract: Kesehatan gigi dan mulut pada anak pra sekolah/ TK masih sangat perlu diperhatikan, karena penyakit gigi dan mulut pada anak masih berada dalam posisi penyakit terbanyak yang tersebar diseluruh wilayah di Indonesia. Merawat kesehatan gigi anak sejak dini merupakan cara terbaik untuk menjaga gigi dan mulut tetap sehat. Saat usia bayi sampai umur 5 tahun (balita), perlu mengajarkan pentingnya perawatan gigi agar tidak terjadi kerusakan maupun penyakit mulut saat dewasa. Berdasarkan observasi lapang yang telah dilakukan tim pengabdi di TK Al Ikhlas jember menunjukkan bahwa tingkat karies pada siswa masih cukup tinggi, dimana ratarata setiap anak mengalami karies gigi susu. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anakanak terutama pada siswa Taman Kanak-Kanak melalui pendekatan Art Therapy (cergam) kesehatan gigi dan mulut. Pendekatan Art Therapy ditekankan pada seni meliputi cerita bergambar, dongeng, menggambar dan mewarnai. Menggunakan cergam anak-anak lebih tertarik dan bisa menjadi salah satu strategi dalam upaya promosi kesehatan yang efektif yang dapat merangsang kemampuan imajinatif non verbal. Kegiatan pengabdian yang dilakukan dapat meningkatkan pengetahuan serta meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut siswa TK Al Ikhlas Jember.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118999
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FKG_Peningkatan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Pendekatan Art.pdf864.21 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.