Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118991
Title: Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Dengan Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills) Dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA
Authors: PURNAMASARI, Putri Juwita
Keywords: Kahoot
Problem Based learning
High Order Thingking Skill
Issue Date: 26-Jan-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Permasalahan yang menghambat pencapaian tujuan pembelajaran adalah lemahnya proses pembelajaran. Guru dapat menggunakan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran, salah satu upaya yang dapat dilakukan penggunaan media pembelajaran Kahoot dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kahoot dengan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan melibatkan dua kelas X MIPA sebagai sampel, satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Media pembelajaran Kahoot dengan model pembelajaran problem based learning diterapkan pada kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol diteapkan metode pembelajaran konvensional. Teknik analisis data kemampuan berpikir tingkat tinggi menggunakan uji Independent Sample t-test dan hasil belajar siswa menggunakan uji ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan nilai signifikan (p<0,05) untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar. Artinya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Kahoot dengan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar biologi siswa SMA. Kata Kunci: kahoot, problem based learning, kemampuan berpikir tingkat tinggi, hasil belajar
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118991
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi.pdf
  Until 2028-01-26
4.47 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools