Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118891
Title: Go-Jek Versi Kamu: Kunti (Kajian Hiperealitas dalam Iklan Gojek)
Authors: SANIYAH, Layyinatuzzahrah
Keywords: Kajian Hiperealitas
Iklan
Mise en scène
Analisis Tekstual
Issue Date: 27-Jun-2023
Publisher: Fakultas Ilmu Budaya
Abstract: Banyak media yang bisa menjadi tempat untuk membagikan iklan, mulai dari media cetak dan media non cetak. Pada zaman modern ini banyak ide-ide iklan kreatif yang disampaikan salah satunya iklan jasa Gojek. Gojek adalah salah satu perusahaan teknologi yang menawarkan jasa angkutan melalui ojek online. Iklan Gojek yang berjudul GO-JEK Versi Kamu: Kunti adalah salah satu iklan yang menggambarkan kuntilanak sebagai pengguna Gojek. Berdasarkan isi iklan ini, terdapat hiperealitas dimana pengguna Gojek pada umumnya yakni manusia digantikan oleh kuntilanak. Metode yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan analisis tekstual secara interpretatif. karena objek materialnya adalah iklan yang merupakan teks visual. Objek material pada penelitian ini adalah iklan GO-JEK Versi Kamu: Kunti dan objek formal berupa teori hiperealitas Baudrillard. Sumber data yang digunakan yakni sumber data primer ialah iklan GO-JEK Versi Kamu: Kunti yang diakses dari YouTube sedangkan data sekundernya berupa artikel, berita, dan komentar pada kanal youtube maupun media sosial lain yang berkaitan dengan iklan. Hasil dari penelitian ini adalah penggambaran kuntilanak dalam iklan GOJEK Versi Kamu: Kunti. Iklan ini menawarkan realitas palsu yang diluar kenyataan, akan tetapi penonton iklan ini menerima pesan ternyata kuntilanak juga memakai aplikasi Gojek. Mise en scène dalam iklan ini merupakan simulacra yang berarti citra material tanpa memiliki subtansi, hanya citra (gambaran) yang kurang menunjukkan sesuatu yang nyata. Kemudian membentuk simulasi realitas kuntilanak dalam iklan ini. Tujuan membentuk hiperealitas dalam iklan ini adalah membangkitkan hasrat untuk mengkonsumsi jasa Gojek dengan sosok kuntilanak yang dekat dengan masyarakat Indonesia dan beredarnya cerita-cerita tukang ojek yang membonceng kuntilanak.
Description: validasi_repo_firli_oktober_2023_19 Finalisasi unggah file repositori tanggal 4 Desember 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118891
Appears in Collections:UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Layyinatuzzahrah Saniyah - 190110401040.pdf
  Until 2028-07-03
732.1 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools