Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118681
Title: Persepsi Calon Guru IPA Terhadap Pembelajaran Berbasis STEM di Kabupaten Jember
Authors: WILDAN, Said
Keywords: STEM Education
Pembelajaran IPA
Kompetensi Guru
Metode Pengajaran
Issue Date: 13-Jun-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Kehidupan abad 21, menuntut siswa untuk menguasai keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreativitas dan inovasi, kolaborasi, dan komunikasi. Salah satu pendekatan dalam pendidikan yang dapat menjawab tantangan abad 21 adalah pendekatan STEM yang mengintegrasikan interdisiplin ilmu Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM). Dalam pengembangan pembelajaran berbasis STEM, guru memiliki peran yang sangat penting. Untuk mempersiapkan Guru yang terampil dalam bidang STEM, perlu dilakukan berbagai macam pengembangan pengetahuan dan keterampilan, salah satunya adalah membangun motivasi dan minat melalui persepsi kepada lulusan calon guru IPA. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian mengenai persepsi kepada calon Guru IPA SMP mengenai pembelajaran IPA berbasis STEM. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi calon guru IPA Kabupaten Jember terhadap pembelajaran berbasis STEM berdasarkan gender, dan berdasarkan pengalaman belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode triangulasi teknik yakni observasi melalui angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember tepatnya pada Mahasiswa calon Guru Pendidikan IPA sebagai responden. Sebanyak 50 responden mahasiswa calon guru IPA yang terdiri atas 3 angkatan yang berbeda, yakni angkatan 2018, 2019, dan 2020 berpartisipasi dalam penelitian ini. Selanjutnya dilakukan wawancara dan studi dokumentasi kepada 6 sampel yang terdiri atas masing-masing angkatan 2 informan laki-laki dan perempuan. Informan dipilih secara purposive sampling dengan kriteria keterlibatan informan dalam mata kuliah Pembelajaran STEM. Hasil angket terbuka dianalisis secara kualitatif dengan penerapan pola atau karakteristik yang dibedakan ke dalam tiga kelompok yakni kelompok rasional, netral dan irasional. Setelah diperoleh hasil dari pengolahan data angket ditambah dengan hasil wawancara dan studi dokumentasi kemudian dideskripsikan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Hasil angket persepsi calon guru terhadap potensi kelebihan pembelajaran IPA berbasis STEM menunjukkan 39 jawaban rasional, 6 netral, dan 5 irasional. Persepsi tentang potensi kekurangan menunjukkan 31 jawaban rasional, 3 netral, dan 16 irasional. Sementara pada minat penerapan pembelajaran IPA berbasis STEM menunjukkan tren yang positif dengan 41 calon guru berminat, 4 ragu, dan 5 menyatakan ketidakminatannya. Hasil wawancara dan studi dokumentasi juga menunjukkan hasil yang positif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, disimpulkan bahwa dalam penelitian ini, persepsi calon guru IPA terhadap pembelajaran berbasis STEM cenderung tidak dipengaruhi oleh gender. Calon guru laki-laki dan perempuan cenderung memperoleh pengetahuan yang setara tentang STEM. Namun, dalam kriteria “penerapan pembelajaran STEM sebagai guru”, didapatkan kecenderungan persepsi calon guru IPA perempuan yang lebih baik. Sementara, persepsi calon guru terhadap pembelajaran IPA berbasis STEM dipengaruhi oleh pengalaman belajar. Calon guru dengan pengalaman belajar yang panjang, cenderung memiliki persepsi yang baik.
Description: validasi_repo_firli_oktober_2023_13 Finalisasi unggah file repositori tanggal 9 November 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118681
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SAID WILDAN 170210104062.pdf
  Until 2028-06-27
1.06 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools