Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118597
Title: Pengembangan Modul Biologi (Tumbuhan) SMA Kelas X Berbasis Pengetahuan Etnobotani Masyarakat Using Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kabupaten Banyuwangi
Authors: KAESTI, Yulis Diyah
Keywords: Etnobotani
Hasil Belajar
Pengembangan Modul
Issue Date: 27-Jul-2023
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Perkembangan zaman diiringi dengan pola pendidikan yang berbeda-beda. Perkembangan pola pendidikan tidak terlepas dari perkembangan kurikulum yang menjadi komponen pokok di sekolah. Proses pembelajaran di sekolah memiliki peran ganda yaitu memberikan layanan sekolah dan menjadi agen pembaharu bagi masyarakat. Agen pembaharu memiliki tugas yang sangat besar dalam pengembangan sumber daya masyarakat, sehingga perlu dilakukan sosialisasi sosiokultural masyarakat kepada peserta didik. Sosiokultural Etnobiologi masyarakat Using di Kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu kearifan lokal yang unik dan khas sehingga harus tetap dijaga dan dilestarikan. Kelestarian Etnobiologi masyarakat Using dapat dilakukan dengan mengadakan bahan ajar yang mengandung pengetahuan kearifan lokal pada peserta didik khususnya pada masyarakat Using. Peneliti melakukan pengembangan bahan ajar berupa modul pada pokok bahasan tumbuhan dengan menyisipkan pengetahuan Etnobotani masyarakat Using pada siswa kelas X SMA, sekaligus bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan modul. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 5 tahap sesuai dengan kurikulum yang berlaku. 5 tahapan tersebut meliputi studi pendahuluan yaitu dilakukan analisis kebutuhan pada siswa dan guru; perencanaan dilakukan dengan menganalisis bahan ajar yang cocok dari hasil analisis kebutuhan; pengembangan dilakukan dengan mendesain modul; validasi ahli dan revisi dilakukan oleh 3 validator ahli dan 1 validator pengguna; uji coba dilakukan kepada siswa dalam skala kecil dan besar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata validasi ahli terhadap modul berbasis pengetahuan Etnobotani sebesar 4,12 dengan persentase 81,57% dan tergolong valid, sedangkan rata-rata validasi pengguna sebesar 4,93 dengan persentase 98,33% dan masuk dalam kategori sangat valid, sehingga modul dapat digunakan dalam uji coba skala kecil. Hasil uji coba skala kecil menghasilkan tingkat keterbacaan sebesar 90% dengan kriteria independen/bebas,yang berarti siswa dapat memahami modul secara mudah dan mandiri sehingga modul dapat digunakan dalam uji coba skala besar. Hasil uji coba skala besar menghasilkan nilai kepraktisan modul sebesar 92,7% dengan interpretasi sangat praktis, sehingga modul telah siap digunakan atau didesiminasi. Keefektifan modul menunjukkan selisih rata-rata nilai pre-test dengan post-test sebesar 36,48 dengan nilai Normalized gain sebesar 0,64 dengan kriteria sedang.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 3 November 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118597
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI YULIS DIYAH.pdf
  Until 2028-08-15
738.78 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools