Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118519
Title: Pengembangan LKPD Berbasis PjBL Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Spasial
Authors: ANNISAA, Berliana Wahyu
Keywords: Model Pengembangan 4D
Lembar Kerja Peserta Didik
Project Based Learning
Bangun Ruang Sisi Lengkung
Kemampuan Visual Spasial
Media Pembelajaran
Issue Date: 30-May-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Observasi yang dilakukan di SMA eLKISI diperoleh bahwa, pada saat pembelajaran matematika hanya menggunakan buku modul yang diberi sekolah. Isi dari modul matematika hanya ringkasan materi dan latihan soal. Berdasarkan hal tersebut mengakibatkan kurangnya pemahaman konsep matematika peserta didik. Perlu adanya inovasi dalam pembelajaran matematika untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan bermakna sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Melihat hal tersebut maka dilakukan pengembangan Lembar kerja Peserta Didik berbasis Project Based Learning pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk meningkatkan kemampuan visual spasial. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model Thiagarajan atau 4-D (Four D Model). Model pengembangan ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek penelitian ini adalah 13 peserta didik kelas X SMA eLKISI. Instrumen yang dipakai berupa soal tes, angket respon peserta didik, dan lembar validasi. Metode pengumpulan data meliputi metode tes dan metode angket. Data pada penelitian ini dianalisis dengan teknis analisis validasi untuk mengukur kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik serta instrumen penelitian, analisis respon peserta didik untuk mengukur kepraktisan, dan analisis keefektifan diukur dengan tes kemampuan visual spasial. Hasil analisis validasi Lembar Kerja Peserta Didik diperoleh hasil cukup valid dengan perolehan nilai (𝑉𝑎) sebesar 2,8; soal tes kemampuan visual spasial dinyatakan cukup valid dengan nilai (𝑉𝑎) sebesar 2,8; angket respon peserta didik dinyatakan cukup valid dengan nilai (𝑉𝑎) sebesar 2,9. Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik diperoleh dari angket respon peserta didik yang diperoleh rata-rata presentase respon peserta didik sebesar 83%, sehingga dapat dinyatakan praktis. Keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik diperoleh dari perolehan data skor N-gain dengan perolehan nilai sebesar 0,78. Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Project Based Learning yang telah memenuhi kriteria cukup valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan visual spasial peserta didik, sehingga Lembar Kerja Peserta Didik dinyatakan memiliki kualitas yang baik dan dapat disebarkan di sekolah serta diunggah di situs web blogger.
Description: validasi_repo_firli_oktober_2023_19
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118519
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
(upRepository)Skripsi_Berliana Wahyu Annisaa.pdf
  Until 2028-06-23
8.56 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools