Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118496
Title: Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tenggarang 1 Bondowoso
Authors: Hilmiatul Makkiah, Ainun
Keywords: Project Based Learning
statistika
hasil belajar siswa
Issue Date: 6-Oct-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pembelajaran matematika khususnya materi statistika, memerlukan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu model Project Based Learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika materi statistika pada siswa kelas V SDN Tenggarang 1 Bondowoso. Desain Penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pola non-equivalen control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan tes berupa soal pre-test dan post-test terdiri dari 5 butir soal uraian. Data selisih nilai pre-test dan post-test kemudian dihitung dan dianalisis mengunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil uji-t diketahu hasil sebesar 4,888 > sebesar 2,001, sehingga dapat disimpulkan bahwa diterima dan ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat dismpulkan bahwa model Project Based Learning memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika materi ststistika pada siswa kelas V SDN Tengarang 1 Bondowoso dengan keefektifan relatif sebesar 49,5%
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118496
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ainun Hilmiatul Makkiah_190210204024.pdf
  Until 2028-10-21
2.45 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools