Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118415
Title: Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencong
Authors: PUTRI, Maya Iskina
Keywords: Kemampuan Menulis Teks Deskripsi
Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencong
Kabupaten Jember
Issue Date: 10-Jul-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Menulis merupakan kemampuan berbahasa yang harus dikuasai siswa setelah menyimak, berbicara, dan membaca. Menulis dikatakan penting karena dengan menulis dapat menjadi penemu atau pemecah masalah bukan sekadar menjadi penyadap informasi dari orang lain. Melalui menulis seseorang mampu mengenali potensi yang dimilikinya. Salah satu keterampilan menulis yang diajarkan di sekolah adalah menulis teks deskripsi. Menulis teks deskripsi di tingkat SMP diajarkan pada siswa kelas VII Semester I dengan Kompetensi Dasar (KD) 4.2 yang berbunyi “Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan secara lisan dan tulis”. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan siswa dalam menjelaskan objek pada teks deskripsi, (2) bagaimana kemampuan siswa dalam membangun struktur teks deskripsi, (3) bagaiamana kemampuan siswa dalam penggunaan bahasa pada teks deskripsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini berupa hasil uji kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencong yang teridiri dari satu kelas yang berjumlah 35 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya berupa; lembar soal siswa, tabel kriteria penilaian siswa, dan tabel penilaian hasil belajar siswa. Prosedur penelitian terdiri dari atas tiga tahap yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian sebagai berikut. Kemampuan dalam menjelaskan objek rata-rata keseluruhan 87,71. Sebanyak 28 orang mendapatkan skor kemampuan kategari sangat mampu, 4 orang mendapatkan skor kemampuan kategori mampu, 2 orang mendapatkan skor kategroi kurang mampu, dan 1 orang mendapatkan kategori tidak mampu. Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencong dalam membangun struktur masuk dalam kategori mampu dengan rata-rata keseluruhan 84,11. Sebanyak 15 orang mendapatkan skor kemampuan kategori sangat mampu, 16 orang mendapatkan skor kemampuan kategori mampu, 4 orang mendapatkan skor kemampuan kategori kurang mampu, dan tidak ada yang mendapatkan skor kemampuan kategori tidak mampu. Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencong pada aspek penggunaan bahasa masuk ke dalam kategori mampu dengan rata-rata keseluaruhan 80,8. Sebanyak 7 orang mendapatkan skor kemampuan kategori sangat mampu, 25 orang mendapatkan skor kemampuan kategori mampu, dan 3 orang mendapatkan skor kemampuan kategori tidak mampu. Berdasarkan hasil pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis teks deskripsi dipengaruhi oleh aktivitas siswa pada saat pembelajaran memproduksi teks deskripsi. Oleh karena itu, rata-rata kemampuan siswa keseluruhan mendapatkan kategori mampu. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini bagi Bagi guru Bahasa Indonesia sebaiknya guru lebih memperhatikan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi pada aspek penggunaan bahasa serta guru seharusnya melakukan perbaikan pada teks deskripsi siswa. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya penelitian yang dilakukan selanjutnya ialah meneliti mengenai kata, ejaan, dan kalimat karena masih ditemukan banyak kesalahan yang dibuat oleh siswa.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 23 Oktober 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118415
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REPOSITORY SKRIPSI MAYA.pdf
  Until 2028-08-21
668.78 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools