Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118327
Title: Pengaruh Model Inquiry Based Learning dengan Pendekatan TPACK Terhadap Historical Thinking Skill dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X pada Mata Pelajaran Sejarah
Authors: MASRUROH, Refita
Keywords: INQUIRY BASED LEARNING
PENDEKATAN TPACK
HISTORICAL THINKING SKILL
PEMBELAJARAN SEJARAH
MODEL PEMBELAJARAN
Issue Date: 17-Apr-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Salah satu lingkup standar capaian pembelajaran sejarah di Kurikulum Merdeka adalah keterampilan berpikir historis atau Historical Thinking Skill. Historical Thinking Skill merupakan kemampuan peserta didik untuk berpikir secara historis mengenai dokumen sejarah, menjawab pertanyaan, mampu membedakan antara fakta dan opini, mengevaluasi bukti sejarah, serta memberikan penilaian terhadap cerita sejarah. Hasil penelitian memperoleh: (1) Uji Ancova pada keterampilan Historical Thinking Skill memperoleh nilai signifikansi 0,004 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penerapan model Inquiry Based Learning dengan pendekatan TPACK terhadap Historical Thinking Skill peserta didik dan nilai partial eta squared sebesar 0,112 tergolong ada pengaruh sedang dari implementasi model tersebut; (2) Uji Ancova pada hasil belajar memperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penerapan model Inquiry Based Learning dengan pendekatan TPACK terhadap hasil belajar peserta didik dan nilai partial eta squared sebesar 0,152 tergolong ada pengaruh besar dari implementasi model tersebut.
Description: validasi_repo_firli_agustus_2023_11 Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 Oktober 2023_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118327
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Refita Masruroh_Repository.pdf
  Until 2028-06-19
2.21 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools