Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118291
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning dipadu Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA di Daerah Perkebunan Kopi
Authors: HABIBAH, Ludfiahtul
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN
COLLABORATIVE LEARNING
PROBLEM SOLVING
BERPIKIR KRITIS
Issue Date: 27-Jan-2023
Publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Abstract: Karakteristik siswa yang tinggal di lingkungan sekolah dekat perkebunan kopi memiliki kemandirian belajar rendah, sehingga perlu adanya kemandirian belajar dibimbing oleh guru agar dapat menumbuhkan sikap ilmiah pada siswa. Model pembelajaran Collaborative Learning dipadu Problem Solving merupakan kombinasi antara dua pendekatan pembelajaran, yaitu pembelajaran kerja sama dan pembelajaran berbasis masalah. Kedua model pembelajaran ini memungkinkan untuk menciptakan lingkungan belajar kolaboratif.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-eksperimen dengan dua kelas sebagai perlakuan. Kelas eksperimen menggunakan model Collaborative Learning dipadu Problem Solving, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan materi yang sama pada kedua kelas. Penelitian ini dilakukan di SMAN Jenggawah dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3.
Description: Finishing oleh Taufik Tgl 16 Oktober 2023
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118291
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
luthfiatul habibah.pdf
  Until 2028-01-27
Skripsi4.49 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools